nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

LRT Palembang, Megaproyek yang Kerap Mogok

Rafida Ulfa, Jurnalis · Minggu 19 Agustus 2018 13:21 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 08 19 320 1938515 lrt-palembang-megaproyek-yang-kerap-mogok-SmKAaDUwWU.jpg Foto: LRT Palembang kerap mogok (Okezone)

JAKARTA - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, Pengoperasian kereta ringan alias Light Rail Transit (LRT) Palembang merupakan salah satu langkah pemerintah untuk memberanikan diri memiliki transportasi publik yang modern. Sayangnya, pengoperasian LRT Palembang tidak berjalan mulus. Sejak dioperasikan pada 1 Agustus 2018 lalu, LRT Palembang sudah tiga mengalami mogok.

Berikut ini fakta-fakta tentang mogoknya megaproyek LRT Palembang, yang dirangkum oleh Okezone Finance, Minggu (19/8/2018):

 

1. LRT Palembang mogok saat hujan deras

Hujan deras yang melanda kota Palembang dan sekitarnya pada, Rabu 1 Agustus 2018 membuat Light Tail Transit (LRT) yang baru saja diresmikan operasionalnya untuk umum mengalami mogok tidak jauh dari Stasiun Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II.

 Uji Coba Operasional LRT Palembang pada 23-31 Juli 2018

Mogoknya LRT tersebut terjadi sekitar pukul 13.40 WIB hingga 14.30 WIB. Penumpang yang saat itu berada di dalam LRT tersebut sempat panik karena LRT tiba-tiba mogok lumayan lama.

2. Selang 10 hari LRT Palembang kembali mogok

Setelah mogok saat hujan deras, Light Rail Transit (LRT) Sumatera Selatan (Sumsel) kembali mogok, kejadian ini terjadi pada Minggu 12 Agustus 2018. LRT Palembang yang berangkat dari stasiun DJKA menuju Stasiun Bandara SMB II berhenti secara mendadak di tengah jalan antara Stasiun Jakabaring dan Stasiun Polresta.

Maka dari itu, pemerintah melalui Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan bekerja sama dengan pemangku kepentingan terkait melakukan penyelidikan secara mendalam. Dikarenakan kondisi yang tidak memungkinkan untuk melakukan evakuasi dengan LRT berikutnya, petugas Perkeretaapian mengajak penumpang berjalan kaki melalui jalur walkway menuju Stasiun Jakabaring dan Stasiun Polresta.

3. Menhub minta maaf gara-gara LRT Palembang mogok

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meminta maaf atas kejadian mogoknya LRT Palembang. Budi Karya berjanji, akan melakukan evaluasi maksimal atas insiden tersebut.

"Kita akan evaluasi maksimal agar itu tidak terjadi lagi, saya minta maaf atas kejadian itu," ujarnya.

 Uji Coba Operasional LRT Palembang pada 23-31 Juli 2018

Menurut Budi, mogoknya LRT Palembang merupakan masalah teknis. Karena menurutnya, standar operasional yang dilakukan sudah sesuai dengan yang ia keluarkan.

"Oke kalau ada beberapa masalah kita minta maaf, tapi dari identifikasi yang dilakukan adalah SOP dan ketiga adalah teknis," ucapnya.

 

4. LRT Jakarta diharapkan tak ikut mogok

Direktur Proyek Kereta Api Ringan (LRT) Jakarta di bawah naungan Jakarta Propertindo (Jakpro) Iwan Takwin berharap agar LRT Jakarta tidak mengalami masalah seperti yang terjadi pada LRT di Palembang.

"Kita sudah pelajari. Harapan kita semoga LRT Jakarta tidak seperti LRT Palembang," ujarnya

LRT Jakarta telah melakukan berbagai simulasi guna antisipasi hal yang tidak diinginkan, misalnya mogok. Uji simulasi itu meliputi simulasi keselamatan, operasional, dan tanggap darurat. Pihaknya optimistis bahwa saat uji coba nanti bisa melakukan antisipasi jika menemui kendala.

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini