Share

Kantong Parkir Perlancar Akses Truk di Pelabuhan Tanjung Priok

Koran SINDO, Jurnalis · Rabu 10 Oktober 2018 14:11 WIB
https: img.okezone.com content 2018 10 10 320 1962081 kantong-parkir-perlancar-akses-truk-di-pelabuhan-tanjung-priok-DnJmog3lp4.jpg Ilustrasi Perdagangan di Pelabuhan (Foto: Okezone)

JAKARTA – Kantong parkir truk kontainer (buffer area) yang disediakan pengelola Pelabuhan Tanjung Priok dinilai berhasil memperlancar arus lalu lintas truk kontainer di area pelabuhan.

Fasilitas itu mampu mempersingkat waktu antrean kendaraan yang hendak menuju terminal-terminal di pelabuhan. “Ya, keberadaan buffer area memperlancar truk-truk kontainer kita di sana. Antrean lebih tertib dan semakin cepat,” kata Ketua Umum DPP Asosiasi Pengusaha Truk Indonesia (Aptrindo) Gemilang Tarigan dalam keterangan tertulisnya di Jakarta.

Baca Juga: Saingi Singapura, Pelabuhan Tanjung Priok Layani Fungsi Transhipment

Dia menambahkan, untuk meningkatkan efisiensi arus kontainer di pelabuhan akan lebih baik jika Indonesia Port Corporation (IPC) atau Pelindo 2 menambah dua buffer area di luar area, seperti di bagian timur pelabuhan.

“Penurunan biaya logistik akan semakin signifikan,” katanya.

Dia mengatakan, untuk meningkatkan efisiensi, IPC di harapkan memberlakukan sistem Truck Booking Return Cargo (TBRC) agar keteraturan lalu lintas trucking dari buffer area ke terminal atau pelabuhan bisa terjaga.

Baca Juga: Menhub Ingin Perbaiki Dwelling time dalam Waktu 1 Bulan

“Kami apresiasi disiapkan buffer area ini, tapi sebaiknya kedepan di tambah lagi luasnya. Tambahan ini untuk mengakomodasi ke giatan pelayanan domestik dan layanan kontainer di Terminal Mustika Alam Lestari (MAL) dan Terminal 3 Pelabuhan Tan jung Priok,” kata dia.

Dia menjelaskan, pergerakan dari dan ke Pelabuhan Tanjung Priok berasal dari kawasan industri di timur Jakarta, Jawa Barat, dan sekitarnya.(Yanto Kusdiantono)

 (Feb)

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini