Terungkap! Pelaku Pungli Tanjung Priok Ternyata Pegawai Outsourcing

Suparjo Ramalan, Jurnalis · Rabu 16 Juni 2021 14:38 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 16 320 2426110 terungkap-pelaku-pungli-tanjung-priok-ternyata-pegawai-outsourcing-fj6L5mEjrx.jpeg Aksi pungli di pelabuhan akan dipecat (Foto: Shutterstock)

JAKARTA – Pelaku pungutan liar (pungli) di Pelabuhan Tanjung Priok adalah pegawai outsourcing PT Jakarta International Container Terminal (JICT). Diungkapkan oleh JICT, pelaku sudah ditindak tegas oleh manajemen perusahaan.

Direktur Utama JICT, Ade Hartono menyebut, upaya hukum yang diambil perusahaan adalah bagian dari menegakkan integritas untuk melayani jasa perseroan dengan mengedepankan efisiensi, efektivitas, hingga menjunjung tinggi integritas yang sejalan dengan program pelabuhan bersih.

Baca Juga: Tak Ada Lagi Pungli di Pelabuhan Tanjung Priok?

"Ada beberapa kejadian belakangan ini (pungli), kami ingin menyampaikan kepada teman-teman media bahwa kita di bagian dari dan itu memiliki komitmen yang kuat untuk menegakkan integritas dan komitmen," ujar Ade dalam konferensi pers di kawasan JICT, Rabu (16/6/2021).

Baca Juga: Aksi Pungli di Pelabuhan Tanjung Priok Disebut Kongkalikong dengan Oknum

Meski begitu, Ade belum menyebut berapa pegawai outsourcing JICT yang terlibat dalam praktik pungli tersebut.

"Kita juga melakukan tindakan tegas kawan-kawan semua, karena ini yang dapat kita lakukan. Kita sudah memberikan peringatan keras dan memberikan surat teguran keras kepada pelaku," katanya.

Senada, Wakil Presiden JICT, Budi Cahyo mengatakan, pihaknya mendukung penuh langkah-langkah yang dilakukan pemerintah dan aparat penegak hukum untuk membersihkan praktik pungli di kawasan Pelabuhan Tanjung Priok, termasuk di Terminal JICT.

"Kami terus menginvestigasi adanya pungli di JICT yang beredar beberapa hari ini. Dapat kami pastikan bahwa JICT akan menindak tegas oknum," ujar dia.

Sebelumnya, kepolisian sudah menangkap tujuh pelaku pungli di kawasan JICT Pelabuhan Tanjung Priok.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini