nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tuan Rumah Pertemuan IMF-World Bank 2021, Maroko Belajar dari RI

Yohana Artha Uly, Jurnalis · Minggu 14 Oktober 2018 18:58 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 10 14 20 1963930 tuan-rumah-pertemuan-imf-world-bank-2021-maroko-belajar-dari-ri-QIw5bbEN28.jpg Foto: Penutupan Pertemuan IMF-World Bank (Heru/Okezone)

NUSA DUA - Pertemuan Tahunan IMF-World Bank 2018 di Nusa Dua, Bali telah usai. Indonesia sebagai tuan rumah dinilai sukses menyelenggarakan acara kelas internasional tersebut.

Apreasiasi pun didapat dari Managing Director IMF Christine Lagarde dan President World Bank Jim Yong Kim.

Pada kesempatan event selanjutnya yakni di tahun 2021, Maroko akan menajdi tuan rumah selanjutnya. Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengucapkan selamat kepada Maroko.

"Saya ucapkan selamat kepada Maroko sebagai tuan rumah selanjutnya dan segala pesan baik dari Bali," ujar Sri Mulyani dalam konferensi pers di Nusa Dua, Bali, Minggu (14/10/2018).

Baca Juga: Senangnya Bos IMF dan World Bank Indonesia Jadi Tuan Tumah

Kesuksesan acara ini pun membuat Maroko melakukan observasi pada Indonesia karena memiliki standar penyelenggaraan acara yang sangat tinggi. Tak hanya Maroko, Arab Saudi yang akan menjadi tuan rumah pada pertemuan G20 selanjutanya juga melakukan hal yang sama.

“Untuk 2 tahun yang akan datang Maroko akan menjadi tuan rumah dan mereka mendapatkan pressure karena standar Indonesia menjadi sangat-sangat tinggi untuk menjadi tuan rumah. Mereka sangat khawatir. Bahkan Saudi yang akan menjadi host untuk G20 mereka melakukan observasi dan merasa kagum,” ungkap Sri Mulyani di Bali Collection, Nusa Dua, Bali pada Sabtu 14 Oktober 2018.

Baca Juga: Tutup Pertemuan IMF-World Bank , Christine Lagarde: Terima Kasih Atas Jerih Payah Indonesia

Sementara itu Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman sekaligus Ketua Panitia Nasional Pertemuam IMF-World Bank 2018 Luhut Pandjaitan juga sempat menyatakan, kesuksesan Indonesia ini meningkatkan ekpektasi internasional terhadap kemampuan negara tuan rumah dalam menyelenggarakan event sejenis.

“Standar penyelenggaraan pertemuan seperti IMF-WB itu pasti harus ditingkatkan karena apa yang sudah diberikan Indonesia di sini ini betul-betul berkelas,” ujar Luhut.

(Feb)

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini