Pesawat Lion Air JT 610 Meledak? Begini Jawaban Menhub

Anggun Tifani, Jurnalis · Senin 29 Oktober 2018 20:18 WIB
https: img.okezone.com content 2018 10 29 320 1970621 pesawat-lion-air-jt-610-meledak-begini-jawaban-menhub-PuvudW9VzJ.jpg Foto: Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (Okezone)

TANGERANG - Pesawat Lion Air nomor penerbangan JT 610 dengan tipe pesawat Boeing 737 MAX 8 dikonfirmasi jatuh di perairan Karawang, Jawa Barat pada Senin pagi. Pencarian pun masih terus dilakukan.

Menurut data Kepala Basarnas Bandung, Deden Ridwansyah jika tim dari petugas gabungan sudah berhasil mendeteksi lokasi pesawat jatuh.

Jika melihat serpihan dan puing pesawat, mungkinkah pesawat ini meledak di atas udara?

"Kita belum tahu apa yang terjadi, tapi tampaknya tidak meledak karena ada beberapa saksi yang mendengar tidak ada ledakan," tegas Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi di Bandara Soetta, Jakarta, Senin (29/10/2018).

Baca Juga: Foto Sri Mulyani Menangis saat Temui Keluarga Korban Pesawat Lion Air

Menhub menambahkan, seluruh pihak terkait akan all out 24 jam dalam penanganan jatuhnya pesawat Lion Air JT 610

"Basarnas dibantu TNI Polri juga kapal-kapal swasta sudah mulai menemukan beberapa titik nanti bisa dijelaskan oleh Basarnas dengan keadaan ini kita akan all out dan berusaha untuk mendapatkan blackbox dan sebagainya," kata Budi.

"Kita akan konsentrasi untuk upaya pencarian dan bersama dengan keluarga akan mendukung kegiatan yang dilakukan Basarnas dan TNI, Polri," sambung Budi.

 Baca Juga: Menhub Belum Siapkan Sanksi soal Jatuhnya Pesawat Lion Air

Sekadar informasi, pesawat Boeing 737 MAX menggunakan teknologi mutakhir yang menjadikan pesawat ini pesawat (jet aircraft) terkenal sepanjang masa yaitu Boeing 737 itu sendiri.

Boeing 737 Max didesain untuk memberikan pengalaman terbang yang nyaman bagi penumpang ke destinasi yang dituju.

Salah satu kelebihan yang dimiliki tipe pesawat ini adalah memiliki jajaran yang luas dan fleksibel, menawarkan penumpang agar tetap terhubung dengan kota-kota kecil termasuk rute transatlantic dan trans-continental.

Baca Juga: Pencarian Korban Lion Air Dihentikan, Petugas Gunakan Scan Sonnar untuk Cari Pesawat

Pesawat ini juga menjanjikan penerbangan tepat waktu, mengurangi waktu delay dan teknologi yang kuat dan terkemuka, yaitu mesin LEAP-1B yang membantu efisiensi waktu dan penerbangan ramah lingkungan.

Setiap pesawat dilengkapi dengan desain baru yaitu Boeing Sky Interior, dengan sidewall dan jendela yang modern, juga lampu LED yang memperkaya rasa lega dalam pesawat, serta bagasi kabin yang lebih besar.

Pesawat Boeing 737 MAX merupakan penjualan pesawat tercepat dalam sejarah Boeing dengan 4700 pemesanan dari lebih 100 pembeli dari seluruh dunia.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini