nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

6 Usaha Sampingan yang Cocok untuk Emak-Emak Zaman Now

Sabtu 03 November 2018 09:29 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 11 03 320 1972778 6-usaha-sampingan-yang-cocok-untuk-emak-emak-zaman-now-w5xC33TwXs.jpg Ilustrasi: Shutterstock

JAKARTA - Setelah menikah dan punya anak, tak sedikit para ibu yang akhirnya dihadapi dengan pilihan cukup sulit. Melanjutkan karier atau mengurus segala kebutuhan keluarga di rumah namun tetap produktif lewat usaha sampingan?

Kalau keadaan Anda tidak memungkinkan lagi untuk bekerja 8 jam sehari di kantor karena harus fokus mengurus anak, tak masalah. Menjadi ibu rumah tangga tidak menutup kesempatan untuk tetap produktif.

Banyak usaha sampingan yang dapat ditekuni. Bahkan penghasilan yang didapat pun bisa tak jauh berbeda dengan pekerja kantoran.

Baca Juga: Bisnis Pot dari Kayu, Siapa Sangka Untungnya Puluhan Juta

Ragu karena belum pernah bergelut di dunia usaha sebelumnya? Jangan khawatir. Beberapa ide usaha sampingan yang CekAja.com rekomendasikan berikut ini sudah cocok untuk Anda yang pemula. Modalnya pun tak perlu banyak-banyak. Yuk, simak Bersama!

1. Freelance writer/translator

Saat ini banyak perusahaan digital yang membutuhkan jasa penulis lepas atau penerjemah untuk kebutuhan promosi brand mereka. Jika Anda memiliki kemampuan menulis dan baik itu artikel ataupun review yang baik, usaha sampingan ini akan sangat cocok.

kerja

Tentu juga harus bisa menguasai salah satu bahasa asing. Modal yang Anda butuhkan pun sederhana, hanya laptop dan kuota internet saja. Untuk menemukan job ini, Anda dapat mengeceknya secara berkala di beberapa website freelancer Indonesia.

Biasanya Anda akan diupah berdasarkan rate yang Anda pasang bila sudah berpengalaman atau berdasarkan traffic pada performance artikel itu sendiri nantinya.

2. Saham online

Usaha sampingan lain yang bisa Anda coba adalah bermain saham atau reksadana online. Tanpa harus meninggalkan rumah bisa mendapatkan profit dalam waktu singkat.

Sebenarnya jual beli saham bukanlah usaha yang sederhana, karena tetap butuh perhitungan terutama dari segi risiko-risiko dan keuntungannya. Anda bisa memulai usaha ini dengan modal awal Rp 100 ribu saja. Tergantung broker mana yang Anda pilih saat akan berinvestasi online.

Baca Juga: Budidaya Ikan Congo Tetra, Peluang Cerah si Sisik Indah

3. Bisnis kue

Memiliki hobi baking yang belum tersalurkan? Mulai saja usaha sampingan ini. Pemasukannya lumayan terutama menjelang hari raya seperti Lebaran dan Natal, lho.

Tentukan kue jenis apa yang ingin Anda jual, kering atau basah. Kemudian cari pasar melalui orang terdekat terlebih dahulu, sembari mempromosikannya juga lewat media sosial. Kalau kue yang Anda jual semacam tart, peluangnya akan lebih besar lagi.

Anda bisa membuka pre order untuk perayaan ulang tahun. Selain itu, tak ada salahnya juga jika Anda ingin menitip jualkannya di beberapa toko ritel yang bersedia diajak kerjasama.

4. Reseller atau dropshipper

Kelebihan usaha sampingan yang keempat ini begitu banyak. Salah satunya Anda tidak perlu membeli stok barang untuk dijual kembali. Alias, hampir tidak ada modal yang dibutuhkan untuk berjualan. Prosedurnya, cukup share foto produk yang dijual supplier melalui toko online Anda.

Update selalu stoko yang masih tersedia dan sudah terjual. Sehingga ketika ada pembeli, Anda sudah tahu mana stok yang siap dikirim dari supplier. Dalam usaha reseller atau dropshipper, Anda juga berhak memberi label dengan nama baru meskipun barang yang dijual berasal dari orang lain.

Baca Juga: Bisnis Rumahan Keripik Sukun Modalnya Cuma Rp1 Jutaan

5. Katering makanan

Suka masak? Jangan sia-siakan bakat luar biasa Anda. Bukalah usaha sampingan seperti katering makan siang agar berbuah untung yang besar. Anda bisa menawarkan kerja sama jangka menengah dengan beberapa kantor selama satu pekan.

Beri menu yang berbeda-beda setiap harinya agar mereka tertarik. Tawarkan pula kepada kerabat untuk memakai jasa katering ini pada acara-acara tertentu. Nantinya bila katering Anda sudah makin berkembang, jangan lupa untuk merekrut tenaga tambahan untuk memudahkan produksi dan distribusi.

kue

6. Makeup artist

Masih berkaitan dengan skill, Anda yang memiliki minat besar di dunia makeup bisa mencoba usaha sampingan ini. Ketika menjadi makeup artist, biasanya jam kerja Anda hanya akan banyak di akhir pekan. Sebab kebanyakan acara seperti pernikahan, lamaran, atau ulang tahun, pasti tidak ada yang diselenggarakan pada hari biasa.

Jam kerja tersebut tentu merupakan nilai plus bagi Anda. Meski sudah banyak makeup artist ternama di luar sana, Anda tidak perlu minder.

Mulai dari lingkup yang kecil terlebih dahulu, seperti makeup untuk bridesmaid teman terdekat Anda. Jika mereka suka, percayalah akan kekuatan promosi dari mulut ke mulut. Lama kelamaan jasa Anda bisa semakin dipercaya. Asalkan rutin melatih keahlian makeup dan menerapkannya kepada klien sesering mungkin.

Beruntungnya hidup di zaman sekarang, karena sebenarnya kesempatan mencari uang lebih luas. Contohnya terpampang nyata dalam pilihan 6 usaha sampingan di atas. Semangat!

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini