nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kisah Lego, Brand Mainan Paling Favorit di Dunia

Mulyani, Jurnalis · Rabu 28 November 2018 16:02 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 11 28 320 1984052 kisah-lego-brand-mainan-paling-favorit-di-dunia-z11JRjorGZ.jpg Ilustrasi (Foto: Reuters)

JAKARTA Lego merupakan salah satu jenis mainan yang ditujukan untuk anak-anak. Mainan asal Denmark yang sedang merayakan hari ulang tahun ke-60 ini menjadi mainan yang sangat popular di dunia.

Chief Marketing Officer Julia Goldin mengatakan, bahwa setiap orang memiki kisah tentang Lego. “Setiap kali saya bertemu oranglain saya memberi tahu mereka bahwa saya bekerja di Lego, saya mendapat senyum lebar karena semua orang memiliki kisah pribadi untuk diceritakan. Mereka mengingat set pertama mereka pertama kali mereka memberi itu kepada anak mereka atau sesuatu yang mereka bangun dari Lego,” kata Goldin, dilansir dari CNBC, Rabu (28/11/2018).

Julia Goldin mengatakan, bahwa pemasaran adalah bagian utama bisnis milik pribadi tersebut hingga menjadi suatu produk yang sangat terkenal di dunia.

Baca Juga: Daftar 10 Merek Indonesia dengan Brand Value Paling Mahal, Apa Saja?

Nama Lego berasal dari Leg godt, sebuah frase Denmark yang artinya bermain dengan baik. Pendiri Lego Ole Kirk Kristiansen mulai membuat mainan kayu di bengkelnya di Billund, Denmark pada tahun 1932.

Kemudian dia menjualnya sebagai mainan Lego tahun 1934. Keluarga Kristiansen memiliki 75% bisnis melalui perusahaan induk Kirkbi, dan kelompok tersebut menghasilkan laba bersih 7,8 miliar crown Denmark (USD1,29 miliar) pada tahun 2017.

Saat ini ada lebih dari 3.700 jenis potongan yang berbeda, mulai dari figur mini hingga tabung dan aksesoris, seperti roda dan pedang. Lebih dari 900 juta kombinasi bangunan dapat dibuat hanya dengan enam bata dan warna yang sama. 

Batu bata tersebut dibuat di pabrik Lego Billund, dan terdapat 12 modul manufaktur. Pabrik tersebut dijalankan secara mandiri, dimana di dalamnya ada 65 mesin cetak, semuanya menciptakan jutaan kepingan. Bagi penggemar merek Lego, dapat melakukan tur Lego Inside dua hari di pabrik dan rumah Kristiansen, serta membangun sebuah Lego dengan para perancangnya, untuk 14.500 mahkota Denmark (USD2,396).

Baca Juga: Go Internasional, Elders Company Luncurkan Koleksi Terbaru

“Lego merupakan suatu perusahaan yang dibangun oleh misi untuk menginspirasi dan mengembangkan pembangunan hari esok, untuk menjangkau banyak anak dan membuat mereka berdedikasi tentang itu,” kata Goldin.

Hal lain yang membuat Lego ini banyak disukai orang karena mainan ini tidak hanya bisa dimainkan oleh anak-anak, siapapun bisa memainkan Lego.

“Lego bisa menyatukan anak-anak dari usia muda hingga dewasa dan membuat mereka senang tanpa barang-barang elektronik,” ungkap Julia Goldin.

 

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini