nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Meski Murah, Masih Sedikit Masyarakat yang Mau Investasi di Reksadana

Rikhza Hasan, Jurnalis · Sabtu 01 Desember 2018 20:08 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 12 01 278 1985557 meski-murah-masih-sedikit-masyarakat-yang-mau-investasi-di-reksadana-jJWeyWsWmS.jpg Foto: Okezone

JAKARTAReksadana merupakan salah satu investasi yang bisa dituju bagi generasi muda atau sering disebut kaum milenial. Minimal investasi Rp100 ribu, kaum milenial sudah bisa mendapat keuntungan.

Meski terbilang murah, ternyata masih sedikit orang yang mau menanamkan modalnya di reksadana.Vice President Marketing & Communicating Narada Asset Management Jalaludin Miftah mengatakan, para milenial saat ini belum melek dengan investasi seperti reksadana.

"Tercatat kurang dari 2% penduduk Indonesia sudah investasi reksadana saham, investasi bukan hanya untuk orang kaya," ujarnya dalam acara Tommorow Today Fund Festival, Jakarta, Sabtu (1/12/2018).

Baca Juga: Shinhan AM Siapkan Reksa Dana untuk Pasar Korsel

Menurutnya, reksadana bisa menjadi pilihan investasi yang menjanjikan dengan persentase keuntungan dan kerugian selalu dinamis. Nilai harusnya dapat membuat para milenial bisa berinvestasi.

“Apalagi dengan menginvestasikan minimal Rp100 ribu, pelaku investasi bisa mendapat keuntungan,” tuturnya.

Pada kesempatan yang sama, Andi salah satu peserta mengaku tertarik dengan investasi di reksadana. Menurut dia, daripada uang digunakan untuk hal sia-sia, lebih baik ditabung di reksadana.

"Tertarik sih, ini juga tergolong mudah dan murah. Daripada uang dipakai buat hal sia-sia," tuturnya.

Baca Juga: Meraup Untung Investasi Reksadana di Tengah Fluktuasi Pasar

Untuk diketahui. nilai reksadana saham dikatakan menurun, jika nilai berada di bawah IHSG, sebaliknya jika nilai berasa di atas IHSG nilai reksadana saham naik. Dengan naiknya nilai reksadana saham, investor dapat menarik kembali investasi yang telah ditanam.

Oleh karena itu, para investor harus sering memantau perjalanan angka IHSG. Agar keuntungan dapat diraih dengan cepat ketika nilai sedang berada di posisi di atas IHSG.

Reksadana merupakan pengumpulan dana pelaku investasi yang akan dikelola oleh manager investasi. Dana tersebut kemudian dimasukan ke instrumen investasi seperti saham, obligasi, atau deposito.

Investasi reksadana terjamin karena terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan pengelola investasi juga terdaftar dan diawasi oleh OJK.

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini