nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Perpanjang Kontrak Blok Sengkang, Negara Dapat Bonus USD12 Juta

Taufik Fajar, Jurnalis · Selasa 04 Desember 2018 19:42 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 12 04 320 1986846 perpanjang-kontrak-blok-sengkang-negara-dapat-bonus-usd12-juta-wTR3YFFpFx.jpg Foto: Wamen ESDM Arcandra Tahar (Okezone)

JAKARTA - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) telah menetapkan bahwa Energy Equity Epic (Sengkang) Pty. Ltd menjadi kontraktor blok migas Sengkang, Sulawesi Selatan. 

Wakil Menteri ESDM Arcandra Tahar mengatakan, bahwa perusahaan Energy Equity Epic telah menandatangani pengelolaan blok migas tersebut. Dengan komitmen tersebut, negara pun mengantongi USD12 juta dari bonus tanda tangan.

Baca Juga: Negara Dapat Bonus Tanda Tangan USD14,4 Juta dari Empat Blok Migas

"Jadi, penandatanganan kontrak lanjutan itu untuk mengelola setelah habis masa kontrak pada 2022 telah dilakukan. Blok Sengkang sudah tandatangan PSC-nya eksisting Energy Equity Epic sengkang," ujarnya di Kantor ESDM, Jakarta, Selasa (4/12/2018).

Dia menjelaskan selain pemerintah mendapatkan USD 12 juta, Energy Equity Epic Sengkang juga menaruh komitmen kerja pasti sebesar USD88 juta.

"Uang komitmen kerjasama pasti itu, nantinya akan digunakan untuk eksplorasi blok migas terbuka dan untuk melakukan studi bersama pencarian kandungan migas di Blok Karaeng yang berdekatan dengan Blok Sengkang," jelasnya.

Baca Juga: Kementerian ESDM Perpanjang Kontrak PHE di Blok NSO hingga 2038

Dia menambahkan, Blok Karaeng sudah pernah ditawarkan, Kementerian ESDM sudah minta joint study studi lanjutan ke Sengkang. Maka itu Komitmen Kerja naik USD 88 juta.

"Blok Karaeng sempat dilelang pemerintah namun tidak ada yang memenangkan blok tersebut. Kemarin saya ke Jeneponto melihat potensi Karaeng, di situ pemerintah daerah meminta pemerintah pusat menawarkan kembali blok migas ini," pungkasnya.

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini