nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Era Digital, Presiden Jokowi Ingin Online dan Offline Berkolaborasi

Fakhrizal Fakhri , Jurnalis · Jum'at 07 Desember 2018 13:57 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 12 07 320 1988099 era-digital-presiden-jokowi-ingin-online-dan-offline-berkolaborasi-ES89h4KEFY.jpg Pusat Perbelanjaan (Foto: Okezone)

JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) ingin ekosistem online dan offline berkolaborasi di era yang serba digital. Hal ini ditekankan dalam Digital Startup 2018.

Menurut Kepala Negara, di Indonesia masih banyak sekali industri rumahan yang perlu didorong kemajuannya, seperti pakaian muslim dan kopi. Industri ini sulit maj karena mulai dari kemasannya dan lainnya masih perlu perbaikan.

Baca Juga: Hadiri Digital Startup 2018, Jokowi Ingin Anak Muda Berkompetisi di Industri 4.0

Oleh karena itu, Jokowi mengajak anak muda membantu bagaimana mengembangkan usaha mikro ini. Pasalnya, hadirnya UMKM memiliki dampak yang besar bagi ekonomi dan terlebih bisa meningkatkan taraf hidup usaha masyarakat.

“Tidak hanya di online, di offline juga harus digarap. Dua-duanya harus berkolaborasi, enggak bisa hanya urusan yang online saja, enggak bisa,” tegasnya di Balai Kartini, Jakarta, Jumat (7/12/2018).

Baca Juga: Persiapan SDM Indonesia Hadapi Ekonomi Digital

Dia menyampaikan, saat ini ekonomi digital telah memberikan kontribusi yang signifikan pada PDB Indonesia. Di 2017, besarannya mencapai 7,3%, padahal pertumbuhan ekonominya hanya 5,1%. Artinya, ekonomi digital memiliki pertumbuhan yang besar dari pertumbuhan ekonomi Indonesia.

Pada 2018, diproyeksikan akan kontribusi 8,5% terhadap PDB.

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini