nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pom Bensin BP Hadir, Begini Peta Persaingan Bisnis SPBU

Mulyani, Jurnalis · Selasa 11 Desember 2018 10:55 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 12 11 320 1989571 pom-bensin-bp-hadir-begini-peta-persaingan-bisnis-spbu-ezy7EOthMc.jpg Ilustrasi: Foto Shutterstock

JAKARTA – Persaingan badan usaha penyalur Bahan Bakar Minyak (BBM) semakin meningkat. Kehadiran Stasiun Pengisian Bahan bakar Umum (SPBU) baru dengan merek BP di Indonesia, menambah warna pilihan SPBU bagi konsumen.

SPBU BP merupakan hasil kerja sama dari PT AKR Corporindo Tbk (AKRA) dengan BP yang sebelumnya dikenal sebagai British Petroleum. SBPU ini identik dengan warna hijau, hal ini tentu membuat warna-warni persaingan usaha penyalur BBM. Di mana Shell lebih ke SPBU kuning dan Pertamina kuat dengan warna merahnya.

Baca Juga: SPBU BP Masih Sepi, Ini Daftar Harga BBM yang Dijual

Mengutip data BPH Migas, Selasa (11/12/2018), PT Pertamina (Persero) masih merajai jumlah SPBU di Indonesia. Sebagai perusahaan negara, perseroan memiliki SPBU sebanyak 5.572.

Di bawah Pertamina ada PT. AKR Corporindo sebanyak 142 SPBU, PT Shell Indonesia sebanyak 79 SPBU, PT Total Oil Indonesia sebanyak 18 SPBU, PT Vivo Energy Indonesia sebanyak 1 SPBU, dan PT Aneka Petroindo Raya (APR) sebanyak 1 SPBU.

PT Aneka Petroindo Raya (APR) yang beroperasi dengan nama BP AKR BBM Retail melalui kerjasa ekslusif, berniat untuk mengembangkan dan menawarkan pengalaman yang berbeda kepada konsumen dengan memanfaatkan kemampuan serta keahlian BP dan AKR di pasar ritel yang sedang berkembang di Indonesia.

Baca Juga: Bakal Ada 350 SPBU BP di RI

SPBU retail BP memang sudah terkenal luas di Amerika Serikat (AS) dan Eropa dengan produk BBM, minyak pelumas Castrol. Saat ini APR mempunyai rencana untuk mengembangkan jaringan retail untuk membuka sekitar 350 lokasi retail di Indonesia selama satu dekade ke depan, didukung oleh kemampuan logistik dan infrastruktur AKR yang tersebar di seluruh Kepulauan Indonesia.

SPBU BP akan menawarkan tiga jenis bensin di Indonesia, yakni BP90, BP92, BP95, dan Diesel. Selain itu, Retail BBM BP-AKR ini juga fokus untuk memberikan layanan yang berbeda dengan BBM dan peluman berkualitas, serta gerai convenience untuk konsumen Indonesia.

“Kami akan mebuka lebih banyak lagi SPBU di masa datang di seluruh negeri dan bersamaan dengan itu juga membuka ribuan kesempatan kerja baru bagi penduduk setempat,” kata Presiden Direktur AKR Haryanto Adikoesoemo dalam keterangan tertulisnya.

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini