nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Presiden Jokowi: Kebijakan Satu Peta Jadi Dasar Pembangunan Masa Depan

Taufik Fajar, Jurnalis · Selasa 11 Desember 2018 10:34 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 12 11 470 1989560 presiden-jokowi-kebijakan-satu-peta-jadi-dasar-pembangunan-masa-depan-pTOtrfYCid.jpeg Presiden Jokowi (Foto: Taufik/Okezone)

JAKARTA - Pemerintah telah meluncurkan Geoportal Kebijakan Satu Peta yang bertujuan untuk menyediakan satu peta yang akurat dan akuntabel. Program Percepatan Kebijakan Satu Peta telah diatur sejak tahun 2016 melalui penerbitan Paket Kebijakan Ekonomi VIII dan Peraturan Presiden Nomor 9 Tahun 2016.

Baca Juga: Presiden Jokowi Luncurkan Geoportal Kebijakan Satu Peta: Tidak Ada Lagi Tumpang Tindih

"Kebijakan Satu Peta inilah yang akan dijadikan dasar perencanaan untuk mendukung pembangunan dan pertumbuhan ekonomi di masa depan," ujar Presiden Joko Widodo (Jokowi), saat meluncurkan Geoportal Kebijakan Satu Peta di Hotel Bidakara Jakarta.

Sementara itu Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution melaporkan, 83 dari total 85 peta tematik (98%) dari 19 Kementerian/Lembaga (K/L) dan Pemerintah Daerah (Pemda) di 34 provinsi telah selesai dilakukan Kompilasi dan Integrasi.

jokowi

"Artinya, saat ini hanya tinggal 2 (dua) peta tematik yang belum tersedia. Pertama, Peta Rencana Tata Ruang Laut Nasional (RTRLN) yang sedang dalam proses penetapan," tuturnya.

Kedua, lanjut dia, Peta Batas Administrasi Desa dan Kelurahan yang sedang difasilitasi oleh Badan Informasi Geospasial (BIG) dan perlu ditindaklanjuti oleh Kepala Daerah untuk penetapannya.

Baca Juga: Ada Kebijakan Satu Peta, Kegiatan Ekonomi Lebih Efisien

"Peta-peta tematik hasil integrasi tersebut telah diunggah ke dalam Geoportal Kebijakan Satu Peta, dan sudah dapat diakses oleh K/L maupun Pemda sejak peluncuran ini," ungkapnya.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini