nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Menko Darmin Sebut Kebijakan Satu Peta di Seluruh Indonesia Rampung 2019

Taufik Fajar, Jurnalis · Selasa 11 Desember 2018 10:43 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 12 11 470 1989564 menko-darmin-sebut-kebijakan-satu-peta-di-seluruh-indonesia-rampung-2019-SQpFfzJiDq.jpeg Menko bidang Perekonomian Darmin Nasution (Foto: Taufik/Okezone)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah meluncurkan geoportal kebijakan satu peta di Ruang Birawa, Hotel Bidakara Jakarta. Program tersebut, telah diatur sejak tahun 2016 melalui penerbitan Paket Kebijakan Ekonomi VIII dan Peraturan Presiden Nomor 9 Tahun 2016.

Baca Juga: Presiden Jokowi Luncurkan Geoportal Kebijakan Satu Peta: Tidak Ada Lagi Tumpang Tindih

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution, mengatakan, salah satu tantangan yang perlu segera diselesaikan kini adalah persoalan tumpang tindih pemanfaatan lahan.

"Maka itu, kami (pemerintah), luncurkan geoportal kebijakan satu peta. Berdasarkan hasil identifikasi dari Sekretariat Tim Percepatan Kebijakan Satu Peta, Peta Indikatif Tumpang Tindih IGT (PITTI) untuk Pulau Sumatera dan Pulau Kalimantan telah selesai," ujarnya di Hotel Bidakara, Jakarta, Selasa (11/12/2018).

jokowi

Ke depannya lanjut dia, kegiatan sinkronisasi tersebut akan dilanjutkan untuk pulau-pulau lainnya hingga dapat diselesaikan untuk seluruh Indonesia di tahun 2019.

"Sebagai salah satu upaya penyelesaian isu tersebut, pemerintah juga menyusun buku pedoman sinkronisasi. Buku ini memuat langkah-langkah penyelesaian tumpang tindih yang inklusif," tuturnya.

Baca Juga: Presiden Jokowi: Kebijakan Satu Peta Jadi Dasar Pembangunan Masa Depan

Dia menuturkan, sebagian besar K/L Walidata dan Pemda kini telah memiliki Simpul Jaringan yang terhubung dengan Geoportal Kebijakan Satu Peta. "Tata cara operasional Geoportal tersebut tertuang dalam Buku Pedoman Geoportal Kebijakan Satu Peta," ungkapnya.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini