Era Industri 4.0, Menhub Minta Layanan Pelabuhan Tanjung Priok Cepat dan Murah

Taufik Fajar, Jurnalis · Kamis 13 Desember 2018 13:06 WIB
https: img.okezone.com content 2018 12 13 320 1990717 era-industri-4-0-menhub-minta-layanan-pelabuhan-tanjung-priok-cepat-dan-murah-tziHOOf71W.jpg Ilustrasi: Foto Okezone

JAKARTA - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan, pihaknya tengah melakukan pembenahan pada Pelabuhan Tanjung Priok supaya bisa bersaing di era industri 4.0.

"Kami (Kemenhub), sedang melakukan perubahan di Pelabuhan Tanjung Priok untuk menunjang industri 4.0. Seperti adanya, kemudahan, kemurahan dan kecepatan yang menjadi prioritas kami di pelabuhan tersebut. Dan kita membuat pelayanan online untuk kemudahan," ujarnya di Jakarta, Kamis (13/12/2018).

Baca Juga: Kantong Parkir Perlancar Akses Truk di Pelabuhan Tanjung Priok

Menurutnya, dengan adanya semua hal tersebut seperti kemudahan, kecepatan, dapat mengundang negara-negara sahabat untuk bisa berniaga dan kirim barang layanan khusus di Pelabuhan Tanjung Priok.

Pelabuhan Tanjung Priok, Gerbang Menuju Ekspor Impor

"Jadi, tujuan dari perubahan Pelabuhan Tanjung Priok itu, merupakan tekad Presiden Joko Widodo (Jokowi), untuk bisa bersaing dengan semua negara. Di mana ingin negara Indonesia terdepan dan mengundang investor untuk ikut berkerjasama," ungkapnya.

Baca Juga: Saingi Singapura, Pelabuhan Tanjung Priok Layani Fungsi Transhipment

Sebelumnya, Menteri Perindustrian (Menperin) Airlangga Hartarto mengungkapkan bahwa sampai saat ini sudah ada di lima sektor yang mengikuti perkembangan industri 4.0. Seperti industri elektronik, Schneider di Pulau Batam yang sudah menerapkannya.

Pelabuhan Tanjung Priok, Gerbang Menuju Ekspor Impor

"Kemudian beberapa lagi misalnya industri chemical, industri automotif beberapa sudah siap, kemudian industri makanan dan minuman termasuk Garuda Food juga udah siap," ujarnya.

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini