nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Hary Tanoe Minta Bisnis Finance MNC Group Disesuaikan dengan Perubahan Zaman

Giri Hartomo, Jurnalis · Jum'at 14 Desember 2018 13:22 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 12 14 320 1991241 hary-tanoe-minta-bisnis-finance-mnc-group-disesuaikan-dengan-perubahan-zaman-pKYB9TMckW.jpg Foto: Chairman MNC Group Hary Tanoesoedibjo Hadiri Raker MNC Kapital

JAKARTA - MNC Kapital Indonesia bersama tujuh unit bisnis finance MNC Group menggelar rapat kerja di MNC Financial Center, Jakarta. Acara tersebut dihadiri langsung Chairman MNC Group Hary Tanoesoedibjo.

Dalam acara tersebut, Hary Tanoe meminta seluruh unit bisnis MNC Finance untuk memperbaiki bisnis model masing-masing perusahaannya untuk menghadapi tahun 2019. Menurutnya, bisnis model perlu dirubah dan harus disesuaikan dengan kondisi saat ini.

Karena menurutnya, tanpa penyesuaiannya dirasa akan sangat percuma. Pasalnya, perlahan lahan bisnis tersebut akan tergerus oleh perkembangan zaman.

Apalagi perkembangan bisnis saat ini jauh berbeda dengan beberapa tahun yang lalu. Di mana pada saat ini seluruh bisnis begitu cepat bergerak dan berubah.

Baca Juga: Hary Tanoe Sebut Dunia Bisnis Berubah Begitu Cepat

"Yang paling penting pastikan bisnis model kita yang disesuaikan kebutuhan kita untuk tumbuh dengan situasi yang tentunya berubah. Intinya harus menyesuaikan dengan zaman now saya minta di review bisnis modelnya. Harus berani," ujarnya dalam acara Rapat Kerja MNC Kapital di Gedung MNC Financial Center, Jakarta, Jumat (14/12/2018).

Dalam membuat bisnis model, lanjut Hary, ada kalanya perlu melakukan inovasi-inovasi. Karena menurutnya, tanpa inovasi, sama saja seperti membakar uang.

"Improvisasi penting, kerja keras saja enggak cukup harus bisnis modelnya. Semakin kerja keras saja tanpa improvisasi semakin dalam juga jatuhnya," jelasnya.

Sebagai salah satu contohnya adalah bisnis dari Go-Jek. Pada awal kemunculannya, Go-Jek hanya sekedar transportasi berbasis aplikasi. Namun seiring berkembangnya jumlah pelanggan, bisnis modelnya langsung berubah.

"Dulu saya pikir Go-Jek just online transportasi. Tapi setelah punya traffic besar sharenya besar. Sekarang itu bisnis itu database. Jadi tadi online transport langsung ke delivery, setelah itu ke financing. Jadi artinya dunia sudah konsolidasi satu sistem," jelasnya.

Setelah bisnis modelnya benar maka lanjut kepada tahap selanjutnya yakni perbaikan di organisasi. Menurutnya, organisasi juga harus menyesuaikan bisnis model karena jika tidak sinkron akan berantakan.

Baca Juga: HUT ke-4, Hary Tanoe Berharap MNC Leasing Berperan Bangun Ekonomi

“Kemudian organisasi. Organisasi harus mengikuti bisnis model. Dan prosesnya harus berlanjut. Ingat. Tidak boleh berhenti. Karena dinamika organisasi dinamika market itu terus bergerak. Sukses itu harus dikerjakan terus menerus," jelasnya.

Di sisi lain menurut Hary, penting juga sebuah sinergitas antar bisnis unit. Menurutnya, dengan bersinergi maka profit yang dihasilkan akan lebih besar sebab inovasi yang dibuat juga akan saling menarik dan matang.

"Sinergi tujuannya supaya maksimal bisa menghasilkan sesuatu yang lebih besar. Di dalam group ini kan banyak sekali unitnya," tegasnya.

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini