nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Hary Tanoe Sebut Dunia Bisnis Berubah Begitu Cepat

Giri Hartomo, Jurnalis · Jum'at 14 Desember 2018 12:54 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 12 14 320 1991229 hary-tanoe-sebut-dunia-bisnis-berubah-begitu-cepat-j9zB3gkgVh.jpg Foto: Chairman MNC Group Hary Tanoesoedibjo Hadiri Raker MNC Kapital

JAKARTA - Chairman MNC Group Hary Tanoesoedibjo menyampaikan mengenai dunia bisnis saat ini. Menurutnya, dunia bisnis sekarang sangat cepat dalam perubahan.

Hal tersebut tidak terlepas dari perkembangan teknologi yang begitu pesat. Menurutnya, bisnis sekarang ini diibaratkan seperti kejar-kejaran, sehingga jika tidak bergerak cepat maka akan tergerus.

"Dunia shifting very fast. Sekarang itu kaya diuber kejar-kejaran," ujarnya dalam acara Rapat Kerja MNC Kapital di Gedung MNC Financial Center, Jakarta, Jumat (14/12/2018).

Menurut Hary, dalam membangun bisnis pada era saat ini dengan era1990-an sangat berbeda. Jika saat ini, untuk membangun bisnis sangat cepat sekali berubah trennya.

Baca Juga: HUT ke-4, Hary Tanoe Berharap MNC Leasing Berperan Bangun Ekonomi

Sedangkan pada tahun 1990, membangun bisnis sangat mudah dan lama. Karena menurutnya pada saat itu model bisnis yang dibangun sangat lama sekali untuk berubah.

"Serius beda dengan tahun 1990. Dulu bangun sesuatu itu tidak banyak perubahan. Sekarang bangun sesuatu setahun dua tahun banyak sekali perubahan," jelasnya.

Sebagai salah satu contohnya adalah bisnis transportasi online seperti Go-Jek. Awalnya Go-Jek hanya bisnis transportasi berbasis online biasa.

Namun seiring bertambahnya traffic, ternyata Go-Jek juga mulai ke sektor-sektor lainnya. Seperti saat ini ada sektor delivery, kemudian ada bisnis Financial seperti perbankan.

"Tadinya online transport langsung ke delivery, setelah itu ke financing. Jadi artinya dunia sudah konsolidasi satu sistem," kata Hary.

Baca Juga: Pembangunan Infrastruktur, Hary Tanoe: Dunia Usaha Akan Lebih Produktif

Oleh karena itu lanjut Hary, perlu adaptasi terhadap teknologi khususnya dalam membangun atau menjalan sebuah bisnis. Karena menurutnya, jika tidak beradaptasi maka perlahan bisnis yang dibangun akan tergerus.

"Yang paling sering itu anak-anak muda karena adaptasinya mudah. Bukan dunia yang minta adaptasi ke kita tapi kita yang adaptasi ke dunia," jelasnya.

(wdi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini