nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Menteri Enggar Kampanye Pakai Produk Indonesia: Pelaku Usaha Jangan Ambil Untung Tinggi

Yohana Artha Uly, Jurnalis · Minggu 16 Desember 2018 11:13 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 12 16 320 1991953 menteri-enggar-kampanye-pakai-produk-indonesia-pelaku-usaha-jangan-ambil-untung-tinggi-DQbPjhmWRC.jpeg Foto: Menteri Perdagangan Enggartiasto (Yohana/Okezone)

JAKARTA - Kementerian Perdagangan mendorong penggunaan produk-produk dalam negeri oleh masyarakat. Hal ini dilakukan dengan menyelenggarakan kampanye 'Pakai Produk Indonesia' saat car free day di depan Sarinah, Minggu (16/12/2018).

Dalam kampanye yang diawali dengan jalan santai pada pukul 07.00 WIB tersebut hadir Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita didampingi sang istri, Peggy Lukita. Selain itu hadir juga, Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kemendag Tjahya Widayanti dan Direktur Jenderal Perdagangan Luar Negeri Kemendag Oke Nurwan.

Baca Juga: Akses Perdagangan Indonesia ke Eropa Terbuka Lebar

Enggar menyatakan, kegiatan tahunan ini merupakan seremonial untuk mengingatkan bahwa kecintaan pada produk di dalam negeri harus dimulai dari masyarakat Indonesia sendiri.

"Kegiatan ini untuk refleksikan dan ingatkan kita semua, bahwa kalau bukan kita, siapa lagi yang mencintai dan mengkonsumsi produk-produk Indonesia, serta bangga karya anak bangsa sendiri, kalau pakai bahasa milenial 'pakai produk Indonesia keren'," ujar Enggar.

enggar

Lebih lanjut dia mengatakan, Sarinah akan dijadikan tempat acuan bagi seluruh produk-produk Indonesia, sehingga setiap turis mancanegara yang tengah berlibur pun bisa dengan mudah mendapatkan produk-produk buatan anak bangsa. Kata Enggar, hal tersebut merupakan kesepakatan dengan Direksi PT Sarinah (Persero).

"Dari mana pun sejauh merupakan karya anak bangsa yang terbaik akan ada di Sarinah. Diharapkan direksi mengurasikan dan memilih produk-produknya. Agar nantinya semua turis mancanegara datang dan tidak usah putar-putar ke sana kemari, tinggal ke Sarinah saja," jelasnya.

Baca Juga: Indonesia Tak Ingin Perang Dagang dengan China

Enggar pun meminta untuk produk tersebut memiliki kualitas yang terjamin, juga kemampuan produksi yang berkelanjutan. "Setelah dilihat, diakurasikan dan kalau cari untung jangan kebanyakan," ucap dia.

Kampanye menggunakan produk dalam negeri juga didukung dengan peluncuran jingle bertema sama. Acara yang juga bekerjasama dengan Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (Iwapi) dan Sarinah ini juga meluncurkan portal yang khusus menjual berbagai produk asli Indonesia untuk dipasarkan luas di dalam dan luar negeri.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini