nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sambut Natal, Jasa Marga Operasikan 4 Ruas Tol dari Trans Jawa hingga Sulawesi

Giri Hartomo, Jurnalis · Selasa 18 Desember 2018 15:56 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 12 18 320 1992914 sambut-natal-jasa-marga-operasikan-4-ruas-tol-dari-trans-jawa-hingga-sulawesi-QNPTQutbct.jpg Tol Ngawi-Solo (Foto: Jasa Marga)

JAKARTA - PT Jasa Marga (Persero) akan mengoperasikan sejumlah ruas jalan tol pada libur Natal dan Tahun Baru 2019. Adapun ruas tol tersebut meliputi Tol Trans Jawa, Sumatera hingga Sulawesi.

Direktur Operasi II PT Jasa Marga (Persero) Subakti Syukur mengatakan, untuk Tol Trans Jawa ada sekitar empat ruas tol yang akan diresmikan dan dioperasikan. Keempat ruas tol tersebut, Tol Batang-Semarang, Salatiga (Boyolali) - Kartasura. Kemudian Wilangan (Nganjuk) - Kertosono dan terakhir adalah Pasuruan-Proboliggo (Grati).

Rencananya tol tersebut akan diresmikan langsung secara serentak oleh Presiden Joko Widodo pada 20 Desember 2018 mendatang.

Baca Juga: Galang Dana via Dinfra, Jasa Marga Bidik Rp1,5 Triliun

"Total panjang tol yang ada bertambah empat ruas punya Jasa Marga. Semarang-Batang, Salatiga-Kertasura, Gempol-Pasuruan tepatnya Gerbang Tol Grati," ujarnya dalam acara konfrensi pers di Kantor Pusat Jasa Marga, Jakarta, Selasa (18/12/2018).

Sementara untuk Tol Trans Sumatera, ada satu ruas tol yang akan dioperasikan secara fungsional pada libur Natal dan Tahun Baru 2019, yakni Jalan Tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi (MKTT) ruas Tol Seirampah-Tebing Tinggi Seksi VII sepanjang 7,65 kilometer (km).

Sedangkan untuk seksi I hingga VI sudah lebih dahulu beroperasi. Adapun panjang jalan Tol MKTT seksi I hingga VI adalah 52,35 km.

"Selanjutnya di Sumatera kalau Lebaran itu baru sampai dengan Seirampah untuk tahun baru ada 7,65 kilometer sudah beroperasi sampai Tebing Tinggi," jelasnya.

Baca Juga: Jasa Marga Gandeng Gudang Garam Kembangkan Properti 200 Ha di Bandara Kediri

Sedangkan untuk jalan tol Manado Bitung baru akan dioperasikan secara fungsional. Adapun ruas tol tersebut yakni segmen Sukur-Danuwudu (Manembo-nembo) sepanjang 16 Kilometer.

“Sulawesi akan kita fungsionalkan Manado Bitung segmen Sukur-Danuwudu (Manembo-Nembo) sepanjang 16 km," jelasnya.

Namun ruas tol ini sendiri bukanlah garapan dari PT Jasa Marga, melainkan proyek garapan dari pemerintah. Untuk target pengoperasian Manado Bitung garapan Jasa Marga sendiri ditargetkan bisa rampung di 2019 mendatang.

"Tahun 2019, saya enggak hafal datanya," ucapnya.

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini