nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pasca-Tsunami Selat Sunda, Menteri Jonan Minta Listrik Segera Dipulihkan

Rikhza Hasan, Jurnalis · Senin 24 Desember 2018 15:39 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 12 24 320 1995465 pasca-tsunami-selat-sunda-menteri-jonan-minta-listrik-segera-dipulihkan-ngtGexrygk.jpg Foto: Menteri ESDM Ignasius Jonan (Okezone)

JAKARTA - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan menginstruksikan agar Emergency Response Team (ERT) Siaga Bencana ESDM serta PT PLN (Persero) segera terjun ke lokasi bencana tsunami di Selat Sunda.

Hal tersebut bertujuan untuk membantu pemulihan, baik evakuasi maupun kondisi ketenagalistrikan pasca-tsunami Selat Sunda yang terjadi pada Sabtu 22 Desember 2018.

"Saya instruksikan agar 17 Emergency Response Team (ERT) Siaga Bencana ESDM, termasuk tim medis segera disebar ke lokasi-lokasi yang membutuhkan. Alat berat yang diperlukan serta penggunaannya berkoordinasi dengan BNPB dan Basarnas," ujar Jonan, dikutip dari laman esdmgoid, Jakarta, Senin (24/12/2018).

 Baca Juga: Pasca-Tsunami, Pertamina Pasok 27 Ribu Elpiji 3 Kg di Pandeglang

Di samping ERT, pemulihan kondisi kelistrikan juga menjadi prioritas. Sambil menunggu kondisi kelistrikan pulih, Jonan juga menginstruksikan agar Lampu Tenaga Surya Hemat Energi (LTSHE) dibagikan di wilayah terdampak bencana.

"Tim PT PLN segera pulihkan kondisi ketenagalistrikan, termasuk Provinsi Lampung serta pulau-pulau terpencil, juga bekerjasama dengan Ditjen EBTKE untuk pendistribusian Lampu Tenaga Surya Hemat Energi (LTSHE) dan Ditjen Ketenagalistrikan. Sementara Badan Geologi terus suplai data dan informasi tentang vulkanologi ke BMKG dan instansi Pemerintah terkait," jelasnya.

 

Sebagaimana diketahui, pascatsunami di Selat Sunda, ERT Siaga Bencana ESDM langsung bergerak ke lokasi bencana untuk membantu pemulihan.

Tim yang telah tiba di lokasi segera melakukan pemantauan dan melihat dampak yang ditimbulkan tsunami tersebut agar dapat menginformasikan kepada ERT Sektor ESDM lainnya bantuan apa yang menjadi prioritas untuk mempercepat pemulihan.

Baca Juga: BMKG: Longsoran Material Gunung Anak Krakatau Sebesar 64 Hektare

Berdasarkan hasil asessment ERT Siaga Bencana ESDM yang lebih dahulu tiba di lokasi, diperoleh laporan bahwa area terdampak sangat luas. Oleh karena itu ERT ESDM Siaga Bencana diinstruksikan untuk segera bergabung.

Posko ESDM Siaga Bencana sendiri dibangun di Pulau Umang, bersebelahan dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pandeglang.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini