nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Buwas: Stok Masih Kuat, Tidak Perlu Khawatir

Fakhrizal Fakhri , Jurnalis · Kamis 27 Desember 2018 17:36 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 12 27 320 1996747 buwas-stok-masih-kuat-tidak-perlu-khawatir-Dh8J6GFCnX.jpg Beras (Foto: Okezone)

JAKARTA - Direktur Utama Badan Urusan Logistik (Bulog) Budi Waseso memprediksi panen raya akan terjadi pada Mei dan Juni 2019.

Menurut dia, beberapa tempat akan memulai masa panen raya pada Januari dan Februari, hingga puncak panen raya beras pada Maret dan April 2019 mendatang.

Baca Juga: Buwas Tak Ingin Ada Impor Beras Tahun Depan

"Juni maksimal, makanya di beberapa tempat produksi beras atau gabah, gudang-gudang sudah kita kosongkan, untuk apa? Penyerapan," kata Buwas.

Panen raya dinilai mengalami kemunduran. Pasalnya, panen raya biasanya terjadi pada bulan Maret. “Karena cuaca. Lagi pula stok masih kuat, jadi tidak perlu khawatir,” jelas pria yang akrab disapa Buwas.

buwas

"Katakanlah sampai 2 bulan ke depan, kita kehilangan paling banyak 300 ribu ton (beras), berarti masih ada 1,9 juta ton. Kalau 1,9 juta ton kita masukan 1,8 juta tol pada Juli, sudah 3,7 juta ton," tambahnya.

Buwas juga menilai, dengan mengatur persediaan beras dengan baik, kegiatan impor tidak perlu dilakukan. “Kita menghindari impor. Kita harus berpihak kepada petani,” tegasnya.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini