nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

5 Trik Mengelola Uang di Dompet Digital

Minggu 30 Desember 2018 09:33 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 12 29 320 1997517 5-trik-mengelola-uang-di-dompet-digital-HxHe6FbLeQ.jpg Ilustrasi: Shutterstock

JAKARTA - Saat ini, semakin banyak masyarakat yang menggunakan dompet digital untuk melakukan berbagai jenis pembayaran. Hal ini karena dompet digital yang mudah digunakan dan bisa menyelesaikan urusan transaksi dengan cepat.

Tetapi, penggunaan dompet digital bisa membuat Anda justru menjadi boros. Bila Anda terjebak tawaran promosi barang konsumtif yang membuat dompet jebol. Untuk menghindari hal itu, berikut trik mengelola uang di dompet digital yang dikutip dari Qerja.com:

Memahami Kebutuhan

Sebelum memilih menggunakan dompet digital, Anda mesti mempertimbangkannya dengan matang. Apakah Anda butuh dompet digital untuk ongkos transportasi sehari-hari atau pembelian pulsa atau pembayaran tagihan?

Setelah menjawab pertanyaan tersebut, Anda tinggal menghitung pengeluaran bulanan yang akan dibayar lewat dompet digital. Dengan memahami kebutuhan, Anda jadi bisa berhitung besaran uang yang harus dimasukkan ke dompet digital setiap habis gajian.

Baca Juga: 20 Cara Mudah Berhemat, Mulai dari Disiplin hingga Menghargai Waktu

Membatasi Saldo

Jika Anda membutuhkan dompet digital hanya untuk kebutuhan transportasi, maka isilah saldo sesuai dengan ongkos harian. Misalnya, biaya perjalanan Anda yang dibayar dengan menggunakan dompet digital hanya Rp 15 ribu per hari. Anda bisa membatasi saldo dompet digital Rp 150 ribu untuk 10 hari.

Apabila ada kekhawatiran ada pembengkakan biaya akibat ongkos bepergian secara mendadak, Anda bisa menambahkan saldo sebesar 10-15% dari kebutuhan sebenarnya. Pembatasan saldo uang di dompet digital akan menyelamatkan Anda dari keinginan konsumtif seperti berbelanja barang tidak perlu.

Mengatur Jadwal Isi Ulang

Ketika sudah menetapkan jadwal isi ulang dompet digital, maka Anda harus disiplin dan mematuhi waktu yang telah ditetapkan. Jangan sampai isi ulang dompet digital berkali-kali hanya karena mengejar barang konsumsi yang sedang promosi.

Salah satu pilihan waktu yang tepat untuk mengisi ulang dompet digital adalah sesaat setelah gajian. Anda bisa langsung membagi penghasilan ke pos-pos yang sudah diatur dalam rencana keuangan. Sebagai contoh, Anda mendapat gaji pada tanggal 25 sampai 27, sedangkan tagihan bulanan baru keluar pada tanggal 5 bulan berikutnya. Maka uang yang akan digunakan untuk pembayaran tagihan sudah aman di dompet digital.

grafik

Memanfaatkan Promo

Terkadang, Anda boleh saja memanfaatkan promo yang ditawarkan penyedia layanan dompet digital. Kalau Anda dan teman sekantor ingin makan siang di luar sekali waktu, pilihlah restoran yang bekerja sama dengan penyelenggara dompet digital. Anda juga bisa memanfaatkan penawaran lain seperti membeli barang dengan poin yang sudah dikumpulkan.

Tetapi, alangkah baiknya jika penawaran diskon dari dompet digital juga dimanfaatkan untuk hal yang produktif. Salah satunya dengan menggunakan dompet digital untuk makan siang di restoran bersama klien.

Memonitor Saldo

Dompet digital tertentu menawarkan fitur pelacakan transaksi, monitor pembayaran, sampai menemukan pengeluaran uang yang tidak tepat. Dengan fitur ini, Anda bisa melihat dan mengevaluasi pengeluaran sebulan ke belakang. Hasil evaluasi tersebut bisa menjadi dasar untuk memperbaiki rencana keuangan di masa mendatang. Siapa tahu, ternyata Anda harus mengurangi jumlah saldo dalam dompet digital di masa mendatang.

Saat ini banyak sekali perusahaan yang memberikan promo untuk penggunaan dompet digital. Tidak ada salahnya Anda memanfaatkan promo-promo ini agar bisa menghemat lebih banyak ketika berbelanja di perusahaan tersebut. Kemajuan teknologi di sektor finansial memang bisa memudahkan kehidupan kita. Tetapi, Anda harus tetap bijak dalam memanfaatkan dompet digital agar bisa mendapat manfaat yang optimal

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini