nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Rupiah Menguat, Pengusaha: Kita Butuhnya Stabil

Yohana Artha Uly, Jurnalis · Selasa 08 Januari 2019 13:41 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 01 08 278 2001488 rupiah-menguat-pengusaha-kita-butuhnya-stabil-YQEKis5BDl.jpeg Ilustrasi: (Foto: Okezone)

JAKARTA - Nilai tukar Rupiah yang mengalami penguatan bukan berarti selalu memberikan keuntungan pada dunia usaha. Kurs Rupiah yang stabil lebih dibutuhkan oleh pelaku usaha, ketimbang nilai nominal dari Rupiah tersebut.

Seperti diketahui, Rupiah terus menguat bahkan kemarin sempat bertengger di level Rp13.990 per USD. Melansir Bloomberg Dollar Index, Selasa (8/1/2019) pukul 13:00 WIB, Rupiah pada perdagangan spot exchange berada di level Rp14.066 per USD.

Baca Juga: Rupiah Masih Menguat ke Level Rp14.027/USD Pagi Ini

Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Rosan Roeslani menyatakan, nilai kurs yang bergerak terlalu cepat baik saat terapresiasi maupun depresiasi akan menyulitkan pelaku usaha. Sebab, pelaku usaha membutuhkan kestabilan nilai kurs untuk menyusun rencana bisnisnya.

"Jadi memang, mungkin banyak yang bilang Rupiah menguat kencang, bagus nih. Bagi pengusaha, tidak selalu begitu. Kita inginnya (Rupiah) itu stabil," kata Rosan ditemui di Ritz Carlton, Jakarta, Selasa (8/1/2019).

Rosan menjelaskan, dalam melakukan perencanaan bisnis kestabilan kurs Rupiah diperlukan sebagai kepastian dalam berbisnis. "adi kalau naik-turunnya cepat, kita repot bikin planning-nya karena kita harus ambil asumsi yang mana," tukasnya.

Baca Juga: Rupiah Menguat, Sri Mulyani: Kita Akan Jaga Bersama

Di sisi lain, lanjutnya, bagi pelaku usaha yang berorientiasi ekspor kondisi penguatan Rupiah yang kencang malah tak menguntungkan. Oleh sebab itu, dirinya menekankan yang diperlu dunia usaha adalah kestabilan kurs.

"Memang yang kita harapkan sih fluktuasi yang tidak signifikan, pengusaha maunya yang seperti itu," pungkas dia.

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini