nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pengusaha: Utang Itu Tidak Haram!

Giri Hartomo, Jurnalis · Kamis 10 Januari 2019 21:02 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 01 10 20 2002805 pengusaha-utang-itu-tidak-haram-s0trfmL5ep.jpg Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Ketua Umum Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Bahlil Lahadalia ikut berkomentar mengenai utang. Dirinya mengkritisi siapapun yang mengatakan jika dalam membangun Infrasturktur tidak membutuhkan utang.

Menurut Bahlil, utang bukan sesuatu yang haram bagi suatu negara. Bahkan, Amerika Serikat sebagai negara Adidaya pun masih kerap kali utang dengan jumlah yang tidak sedikit.

Menurutnya, yang terpenting dibahas adalah bukan bagaimana negara berutang atau tidak, melainkan bagaimana bisa mengelola pinjaman dana tersebut dengan baik. Jika diibaratkan sebuah perusahaan, lewat utang diajarkan bagaimana suatu negara lebih disiplin.

Baca Juga: Pengusaha Bicara Pentingnya Utang Bangun Negara

Karena dengan utang, suatu negara akan mengolah keuangan sebaik mungkin. Berbeda jika suatu negara tidak memiliki utang yang akhirnya terkesan leha-leha karena tidak ada beban yang dipikirkan.

"Utang itu enggak haram, asal mengelolanya secara produktif," ujarnya dalam sebuah diskusi di kawasan Blok M, Jakarta, Kamis (10/1/2019).

Lagipula, dengan utang mengadakan suatu negara tersebut sudah tumbuh menjadi negara besar. Berdasarkan catatan yang dia miliki, hanya enam negara yang tidak memiliki utang untuk membangun dan sisanya merupakan negara kecil.

Baca Juga: Utang Pemerintah Menurun

Sebuah perusahaan semakin besar maka semakin banyak bank yang mempercayakan untuk memberikan utang. Sedangkan jika perusahaan kecil, perbankan akan berpikir dua kali untuk memberikan utang.

"Hanya enam negara tanpa utang dan itu negara kecil, Amerika saja utang," ucapnya.

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini