nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mengenal Naraya Murthy, Miliarder India yang Terlahir dari Keluarga Miskin

Koran SINDO, Jurnalis · Jum'at 11 Januari 2019 10:42 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 01 11 320 2002968 mengenal-naraya-murthy-miliarder-india-yang-terlahir-dari-keluarga-miskin-Vjrfx30w9N.jpg Naraya (Foto: Success Story)

JAKARTA - Nagavara Ramarao Narayana Murthy atau biasa di kenal Narayana Murthy merupakan salah satu pendiri Infosys. Lelaki dengan kekayaan bersih sekitar USD1,9 miliar itu sering disebut sebagai Bapak IT di India.

Di negara asalnya, dia sangat terkenal, bukan karena sering tayang di televisi, tapi karena karya-karyanya. Saat ini Narayana menjabat sebagai chairman emeritus di Infosys, perusahaan yang menyediakan jasa layanan konsultasi bisnis, teknologi informasi, dan outsourcing. Sejak pensiun dari Infosys, dia lebih banyak aktif di perusahaan kecilnya Catamaran Ventures. Selain itu, dia juga melakukan sejuta aktivitas. Narayana merupakan direktur independen HSBC, trustee Rhodes Trust, chairman Yayasan Kesehatan Umum India, anggota Dewan Penasihat Asia Pasifik Telekomunikasi Inggris, anggota Dewan Strategis untuk Cyril Amarchand Mangaldas, dan anggota Dewan Penasihat Universitas Cornell, INSEA, ESSEC, serta PBB.

Baca Juga: Kisah Perceraian Miliarder Dunia, Nomor 5 Jadi Janda Terkaya

Narayana juga merupakan co-chairman Forum Ekonomi Dunia (WEF) di Davos dan sebelumnya menjabat direktur di jajaran dewan DBS Bank, Unilever, ICICI, dan NDTV. Atas capaiannya itu, dia mendapatkan sejumlah penghargaan bergengsi tingkat nasional, seperti Padma Vib hushan (2008) dan Padma Shri. Dia mendapatkan gelar Sarjana Teknik Elektro dari Institut Teknologi Nasional. Dia kemudian memperoleh gelar Master Teknologi dari Institut Teknologi India. Narayana menikah dengan Sudha Murthy dan memiliki satu anak laki-laki serta satu anak perempuan, yakni Rohan Murty dan Akshata Murthu. Terlahir di Sidlaghatta, Kolar, Kerajaan Mysore (kini bernama Karnataka), Narayana berasal dari keluarga miskin.

Ayahnya merupakan seorang guru di sekolah setingkat SMA. Meski terbatas kemampuan ekonomi, Narayana mampu kuliah ke luar daerah karena dikenal sebagai salah satu murid paling cemerlang tanpa kursus. Sejak remaja, Narayana sudah berkeinginan kuat untuk kuliah di bidang teknik di Institut Teknologi India. Dia lulus dengan nilai memukau. Kemudian dia bekerja di Institut Manajemen India sebagai kepala programmer. Tugasnya meliputi pengelolaan sistem komputer time-sharing yang saat itu baru muncul di India. Dia juga merancang dan menerapkan program penerjemah bernama BASIC di Electronics Corporation of India Limited (ECIL).

naraya

Saat memasuki tahun 1970-an yang juga menjadi tahun pertemuan dengan Sudha, dia memulai kewirausahaan pertamanya bernama Softronics, firma konsultan perangkat lunak. Keinginannya melamar Sudha harus terganjal karena sang ayah Sudha memintanya memiliki pekerjaan terlebih dahulu. Setahun kemudian, perusahaan rintisan Narayana gulung tikar. Atas peristiwa itu, dia terpaksa mencari pekerjaan baru dan bergabung dengan Patni Computer System di Pune sebagai manajer. Sejak saat itu dia mulai berani melamar Sudha dan diterima ayahnya dengan lapang dada.

Pernikahan dilaksanakan tidak lama setelah itu. Narayana dan Sudha kemudian pergi ke Amerika Serikat (AS) untuk menjalani pelatihan. Kehadiran Sudha membuka pintu rezeki bagi Narayana yang kini menjadi miliarder.

(Muh Shamil)

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini