nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jokowi Ingin UMKM Go Online, Bagaimana Caranya?

Ade Rachma Unzilla , Jurnalis · Jum'at 11 Januari 2019 13:56 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 01 11 320 2003065 jokowi-ingin-umkm-go-online-bagaimana-caranya-fscP8yQNF3.jpg Presiden Jokowi (Foto: Antara)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) ungkapkan keberadaan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Indonesia mencapai 56 juta. Dengan banyaknya masalah yang dihadapi UKM-UKM seperti bagaimana membangun brand, membuat design kemasan, dan persoalan lain yang mengangkut modal, Jokowi ingin UKM Go-Online.

Bagaimana Go-Online yang dimaksud? Menurut Presiden, UKM bisa masuk ke e-commerce. Selain itu, UKM juga bisa bisa saja kerja sama dengan Menteri Perindustrian dan Menteri UKM untuk memperbaiki packaging yang ada di negara kita.

Baca Juga: RI Butuh Lembaga Pemeringkat Kredit UMKM

"Yang kita lihat ini, satu per satu akan bisa selesai kalau dunia usaha, swasta ini bersama-sama dengan pemerintah membangun negara ini bersama-sama," kata Presiden di kawasan Jakarta Pusat, kemarin yang dikutip dari laman setkab.go.id.

Lain hal lagi dengan desain seperti furniture. Kepala Negara menjelaskan, banyak UKM-UKM kita memiliki produk yang bagus tetapi tidak mengikuti tren pasar.

"Seperti inilah yang tadi saya sampaikan, kalau bisa disambungkan antara ekosistem offline dan ekosistem online ini akan menjadi sebuah kekuatan yang besar bagi produk-produk yang ada di negara kita," ujar Presiden.

umkm

Di sisi lain, adapun kekhawatiran Presiden mengenai produk-produk Indonesia yang tidak bisa masuk ke online. Jangan sampai tergeser dengan barang-barang dari luar negeri.

"Jangan sampai kejadian ini terjadi. Market place kita, produknya itu justru dari luar. Mungkin sementara enggak apa-apa tapi dalam jangka pendek, jangka tengah, ini harus diusahakan bersama-sama agar barang-barang itu semuanya produk dalam negeri kita,” tegasnya.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini