nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Daftar Warisan Eka Tjipta, Harta Rp120 Triliun hingga Belasan Perusahaan

Rany Fauziah, Jurnalis · Minggu 27 Januari 2019 14:39 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 01 27 320 2010018 daftar-warisan-eka-tjipta-harta-rp120-triliun-hingga-belasan-perusahaan-6Aa93DBD9j.jpg Foto: Eka Tjipta Meninggal Dunia (Ist)

JAKARTA - Pendiri bisnis Sinar Mas  Eka Tjipta Widjaja meninggal dunia di usia 98 tahun. Orang terkaya ketiga di Indonesia ini meninggalkan sederet bisnisnya di berbagai sektor.

Eka Tjipta berhasil membangun perusahaannya Sinar Mas Group yang bergerak di berbagai sektor bisnis, mulai properti, perkebunan, industri pengolahan, hingga keuangan.

Kekayaan yang dimiliki oleh mendiang Eka Tjipta Widjaja mencapai USD8,6 miliar atau sekitar Rp120,4 triliun (kurs Rp14.000 USD).

 Baca Juga: Gurita Bisnis Eka Tjipta yang Dulu Jual Biskuit Kini Miliki Harta Rp120 Triliun

Beberapa perusahaan Sinar Mas juga tercatat sebagai emiten di Bursa Efek Indonesia. Antara lain, PT Bumi Serpong Damai Tbk (BSDE), PT Sinar Mas Agro Resources and Technology Tbk (PT SMART), PT Bank Sinarmas Tbk (BSIM), PT Puradelta Lestari Tbk (DMAS).

Kemudian, PT Delta Dunia Makmur Tbk (DOID), PT Dian Swastatika Sentosa Tbk (DSA), PT Duta Pertiwi Tbk (DUTI), PT Smartfren Telecom Tbk (SMAR), PT Sinarmas Multiartha Tbk (SMMA), dan PT Tjiwi Kimia Tbk (TKIM).

Dengan demikian, Eka Tjipta akan meninggalkan warisan kekayaan sekira Rp120 triliun hingga bisnisnya kepada keluarga yang berhak.

 Baca Juga: Pesan Eka Tjipta untuk Pengusaha: Bekerja Jujur

Berikut gurita bisnis Eka Tjipta yang telah menjalar di berbagai sektor industri seperti dikutip Okezone, Jakarta, Minggu (27/1/2019).

 

1. Sektor Minyak, Golden Agri Resources (GAR)

Sektor ini merupakan sektor dibidang minyak sawit terbesar di bawah naungan perusahaan Golden Agri Resources. Perusahaan tersebut dijalani oleh anaknya yaitu Franky Oesman Widjaya,dan Mukhtar Widjaja.

Beroperasi di Indonesia, GAR memiliki anak usahanya yakni PT SMART Tbk (SMAR) menjadi perusahaan terbuka di Bursa Efek Indonesia (BEI) sejak 1992.

SMART memiliki total lahan seluas 138,000 hektar (termasuk plasma). Tak hanya penanaman dan pemanenan pohon kelapa sawit, pengolahan tandan buah segar (TBS) menjadi minyak sawit (CPO) dan inti sawit, perusahaan ini juga melakukan pemrosesan CPO menjadi produk bernilai tambah seperti minyak goreng, margarin, shortening, biodiesel dan oleokimia, serta perdagangan produk berbasis kelapa sawit ke seluruh dunia.

Produknya antara lain berupa minyak curah dan Industri serta minyak goreng dalam kemasan yang dipasarkan dengan merk Filma dan Kunci Mas.

 

2. Sektor Properti, Sinar Mas Land

Di Indonesia, bisnis properti Sinar Mas Land dijalankan oleh PT Duta Pertiwi Tbk (DUTI) dan PT Bumi Serpong Damai Tbk (BSDE). Kedua perusahaan ini saja memiliki core business di pengembangan kota, township, perumahan, komersial, ritel, kawasan industri dan perhotelan.

Selain itu, Sinar Mas Land juga memiliki bisnis patungan (joint venture/JV) dengan Sojitz, perusahaan yang berasal dari Jepang untuk mengembangkan kota bernama PT Puradelta Lestari Tbk (DMAS).yang beroperasi di Indonesia, China, Malaysia, dan Singapore. Bisnis ini dikendalikan oleh anak Eka Tjipta Widjaja yaitu Mukhtar Widjaja.

 

3. Bisnis Pulp dan Kertas, PT Pabrik Kertas Tjiwi Kimia

Sektor bisnis pulp dan kertas ini dimulai dengan didirikan PT Pabrik Kertas Tjiwi Kimia pada 1972 di Jawa Timur. Perusahaan ini resmi menjadi perusahaan publik dengan bisnis melepaskan 9,30 juta sahamnya ke publik dan memperoleh kode saham TKIM. Perusahaan ini dipegang oleh anak pertama Eka Tjipta Widjaja yaitu Teguh Ganda Widjaja.

Saat ini perusahaan ini memiliki jumlah kepemilikan publik sebesar 40,32% dan sisanya dimiliki oleh induk usahanya PT Purinisa Ekapersada (Purinusa) sebesar 59,67%.

Selain TKIM, perusahaan dengan usaha serupa lainnya yang juga menjadi perusahaan publik adalah PT Indah Kiat Pulp and Paper (INKP) yang juga menjadi perusahaan publik di tahun yang sama. Purinusa mendivertasikan kepemilikannya sebesar

4. Sektor Keuangan, PT Sinar Mas Multiartha Tbk (SMMA)

Melalui PT Sinar Mas Multiartha Tbk (SMMA), merupakan bisnis yang merambah layanan sektor keuangan. Bisnis ini mencakup perbankan, asuransi, pembiayaan nasabah, dan manajemen aset. Bisnis ini di jalani oleh anaknya Indra Widjaja.

 

5. Sektor Teknologi, PT Smartfren Telecom Tbk (FREN)

Sinar Mas juga menggeluti bisnis dibidang komunikasi dan telekomunikasi dibawah naungan PT Smartfren Telecom Tbk (FREN).

6. Sektor Infrastruktur dan Energi, PT Dian Swastika Sentosa Tbk (DSSA)

Sinar Mas juga memiliki usaha dibidang penyediaan energy lstrik, pertambangan batu bara, infrastruktur, bahan kimia, perdagangan ritel dan multimedia. Usaha ini dijalankan oleh perusahaan bernama , PT Dian Swastika Sentosa Tbk (DSSA) yang berdiri sejak 1996. HAnya bisnis ini dipegang langsung oleh generasi ke-III Eka Tjipta Widjaja.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini