nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sektor Industri Bakal Nikmati Penghapusan Pajak Kapal Pesiar

Taufik Fajar, Jurnalis · Kamis 31 Januari 2019 16:35 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 01 31 20 2011981 sektor-industri-bakal-nikmati-penghapusan-pajak-kapal-pesiar-Fa0dMCUpjA.jpg Foto: Ist

JAKARTA - Kementerian Kordinator (Kemenko) bidang Kemaritiman hari ini menggelar rapat koordinasi terkait rancangan Peraturan Pemerintah (PP) pajak penjualan atas barang mewah (PPnBM) non kendaraan bermotor.

Pada rapat tersebut hadir, Menko Maritim Luhut Panjaitan, Kepala Pusat Kebijakan Pendapatan Negara (PKPN) Kementerian Keuangan Rofyanto Kurniawan dan beberapa pihak terkait lainnya.

 Baca Juga: Pajak Kapal Pesiar Dihapus, RI Bakal Kantongi Rp6 Triliun

Rofyanto mengatakan, rapat kali ini membahas terkait penjualan atas barang mewah (PPnBM) untuk kapal yacht. Di mana PPnBM kapal Yacht akan dibebaskan.

"Pembahasan tadi masih fokus pada PPnBM kapal yacht yang akan dibebaskan. Dan masih dalam kajian kita," ujarnya di Kemenko Maritim Jakarta, Kamis (31/1/2019).

Dia menjelaskan, untuk dampak apabila PPnBM kapal yacht dibebaskan ini. Dampaknya akan bisa meningkatkan industri pariwisata. Seperti orang-orang yang belum register itu nantinya akan register otomotis bayar PPNnya.

"Jadi, kalau sekarang belum register itu ya karena PPN tinggi 75%. Apabila gratiskan akan bayar registernya," tuturnya.

 Baca Juga: Sri Mulyani Buka-bukaan soal Penghapusan Pajak Properti Mewah

Apabila ada kritikan terkait pembebasan PPnBM kapal yacht. Menurutnya untuk kapal pesiar ada kriteria tertentu. Di mana kapal pesiar yang tertentu saja dan yacht itu ada definisinya.

"Untuk penerimaan negara dengan pembebasan PPnBM kapal yacht itu ada kenaikan yang signifikan dan dampak di kegiatan pariwisata secara keseluruhan," katanya.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini