nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

BI Prediksi Inflasi Minggu Pertama Februari 0,07%

Taufik Fajar, Jurnalis · Jum'at 08 Februari 2019 14:41 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 02 08 20 2015327 bi-prediksi-inflasi-minggu-pertama-februari-0-07-fAoR0Ri61i.jpg Foto: Gubernur BI Perry Warjiyo (Taufik/Okezone)

JAKARTA - Bank Indonesia (BI) memperkirakan inflasi minggu pertama Februari 2019 sebesar 0,07% secara month to month (mtm). Hal tersebut berdasarkan Survei Pemantauan Harga (SPH) yang dilakukan BI.

"Berdasarkan survei pemantauan harga Minggu pertama Februari, kami perkirakan inflasi 0,07% mtm. Dan kalau year on year (yoy) 2,72%," ujar Gubernur BI Perry Warjiyo di Gedung BI, Jakarta, Jumat (8/2/2019).

Baca Juga: Bahaya Inflasi Tinggi dan Tak Bisa Dikendalikan

Dia menjelaskan, berdasarkan survei pemantauan harga kemungkinan bahwa inflasi Februari lebih rendah dari inflasi bulan Januari. Di mana inflasi Januari adalah 0,32% mtm dan 2,82% yoy.

"Ini mengkonfirmasi perkiraan kami akhir tahun ini, akan lebih rendah dari titik tengah sasaran inflasi yaitu 3,5%. Semua penyumbang inflasi berbagai harga itu terkendali," tuturnya.

Sebagai informasi, selama 2018 ini angka inflasi rendah dan bisa terkendali. Bahkan bisa dibawah target inflasi yang ditetapkan BI yakni 3,5% plus minus 1%.

Baca Juga: Jaga Harga, Inflasi Makanan Terendah Sejak 2014

Pada 2018 inflasi tercatat 3,13% (yoy) atau berada dalam kisaran sasarannya selama empat tahun terakhir. Inflasi yang terkendali dipengaruhi inflasi inti yang terjaga pada level rendah sejalan dengan konsistensi kebijakan BI dalam menjaga stabilitas nilai tukar rupiah dan mengarahkan ekspektasi inflasi.

Inflasi volatile food juga terkendali ditopang oleh pasokan pangan yang terjaga dan pengaruh harga pangan global yang menurun. Kemudian inflasi administered prices tercatat rendah sejalan dengan minimalnya kebijakan terkait tarif dan harga barang dan jasa yang diatur pemerintah.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini