nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Perluas Investasi, Bos BI Andalkan Kantor di Luar Negeri

Rabu 13 Februari 2019 17:43 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 02 13 320 2017488 perluas-investasi-bos-bi-andalkan-kantor-di-luar-negeri-qrKH8wJfHb.jpg Gubernur BI Perry Warjiyo (Foto: Heru/Okezone)

JAKARTA - Bank Indonesia (BI) mendorong perluasan investasi melalui penguatan peran Kantor Perwakilan BI (KPw BI) di luar negeri.

"Untuk itu, Kepala KPw BI di luar negeri diharapkan dapat menjalin relasi yang baik dengan investor di wilayah kerja setempat, dan diharapkan dapat semakin mendukung keberadaan dan peran KPw BI luar negeri," kata Gubernur BI Perry Warjiyo, dikutip dari Antaranews, di Jakarta, Rabu (13/2/2019).

Perry mengatakan hal tersebut dalam serah terima jabatan (sertijab) kepada Kepala Perwakilan BI New York yang baru, Dwityapoetra Soeyasa Besar, menggantikan M. Noor Nugroho pada 12 Februari 2019 di New York.

Baca Juga: Miliarder Mesir Incar Peluang Investasi Tambang hingga Hotel di Korut

Dalam kesempatan sertijab tersebut, Gubernur BI Perry Warjiyo menyampaikan tentang penguatan peran KPw BI luar negeri, yakni pertama, reformasi organisasi dan sumber daya manusia.

BI, katanya, melalui KPw BI luar negeri akan melakukan analisis secara lebih mendalam terhadap kondisi perekonomian global melalui asesmen isu-isu internasional, khususnya kondisi perekonomian di wilayah kerja setempat. 

Kedua, peran KPw BI luar negeri dalam mendorong investasi perdagangan dan pariwisata Indonesia, serta bekerja sama dan berkoordinasi dengan kedutaan, konsulat, investor, komunitas, dan berbagai pemangku kepentingan.

Baca Juga: Ingin Investasi Halal? Coba Sukuk Tabungan ST-003

Ketiga, menjangkau kebutuhan pemangku kepentingan dengan menata hubungan diplomasi dan kerja sama internasional dengan pemangku kepentingan. KPw BI di luar negeri senantiasa memberikan informasi mengenai peran dan tugas BI kepada mereka.

Keempat, peran dalam mendukung pelaksanaan pengelolaan devisa. Peran ini merupakan bentuk reformasi yang diperkenalkan sebagai peran baru dari KPw BI luar negeri dalam mendukung perluasan investasi.

Perry juga mengatakan, pergantian kepemimpinan di BI merupakan hal yang lazim sebagai bagian dalam memperkuat efektivitas dan optimalisasi pelaksanaan tugas bank sentral Indonesia.

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini