nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

LRT Jabodebek Bakal Sepi Seperti di Palembang?

Giri Hartomo, Jurnalis · Jum'at 15 Februari 2019 15:16 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 02 15 320 2018420 lrt-jabodebek-bakal-sepi-seperti-di-palembang-FzXdRiMLmU.jpg Foto: LRT Palembang (Ditjen Perkeretaapian Kemenhub)

JAKARTA - Kereta ringan Light Rail Transit (LRT) Jabodebek yang akan beroperasi pada 2021. Pengoperasian LRT Jabodebek ini sendiri banyak yang menyebut akan bernasib sama dengan LRT di Palembang yang akan sepi.

Namun Pengamat Transportasi Darmaningtyas memiliki pendapat berbeda. Menurutnya, LRT Jabodebek tidak akan bernasib sama seperti sodaranya LRT Palembang.

Sebab menurutnya, akan banyak sekali masyrakat pinggiran kota Jakarta yang menggunakan transportasi umum hal tersebut terlihat dengan selalu penuhnya moda transportasi Transjakarta hingga Kereta Rel Listrik (KRL) saat jam-jam sibuk.

 Baca Juga: Beroperasi 2021, LRT Jabodebek Targetkan 500.000 Penumpang/Hari

Sebagai bahan perbandingan, jumlah penumpang KRL terbesar saat ini dari Bogor, namun jumlah penumpang KRL dari Bekasi menuju Jakarta juga tidak kalah padatnya.

"Dugaan saya demand-nya tinggi karena sebagian besar perjalanan kita dari Bogor dan dari Bekasi," ujarnya saat ditemui di Jakarta, Jumat (15/2/2019).

Darmaningtyas juga menyarankan keada pihak operator LRT Jabodebek untuk menyediakan parkiran motor di masing-masing stasiunnya, sehingga masyarakat bisa menitipkan kendaraan pribadinya di stasiun tersebut.

 Baca Juga: Ada LRT di Palembang, Menhub: Masyarakat Harus Bangga

Menurutnya, langkah ini akan sangat efektif mengingat banyak sekali pengguna kendaraan pribadi dari arah Bekasi menuju Jakarta. Hal tersebut terlihat dari selalu ramainya jalan tol Jakarta-Cikampek saat jam-jam sibuk.

"Saya usulkan lahan parkir sepeda motor entah sepeda, orang Bekasi Timur, Cibubur bisa ke stasiun naik sepeda atau motor. Kalau tersedia (lahan parkir) masih memungkinkan untuk pindah," ujarnya.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini