nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

PGN-Pertagas Perkuat Sub Holding Gas

Mulyani, Jurnalis · Sabtu 16 Februari 2019 15:04 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 02 16 320 2018863 pgn-pertagas-perkuat-sub-holding-gas-SXtckfAe7j.jpg Foto: PGN-Pertagas Perkuat Sub Holding Gas (Muly/Okezone)

JAKARTA - PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) dengan Pertamina Gas (Pertagas) yang bersinergi menjadi sub holding gas memiliki tujuan untuk mencapai target Rencana Umum Energi Nasional (RUEN) pada tahun 2025.

Rencana tersebut antara lain, membuat sambungan rumah tangga (SRT) baru sebanyak 4.7 juta, pipa hilir sepanjang 6.302 km, dan pipa hulu sepanjang 5.437 km.

"Sebagai sub holding gas, PGN akan menjadi leader dalam pengelolaan usaha gas bumi dari downstream hingga upstream," ujar Direktur Utama PGN Gigih Prakoso di Indonesia Convention Exhibition, Sabtu (16/2/2019).

 Baca Juga: Jadi Sub Holding Gas, Ini Rencana PGN di 2019

Gigih mengatakan, pengelolaan infrastruktur gas dalam rantai distribusi dan transmisi akan dilakukan oleh sub holding gas. Dengan demikian, ongkos operasionalnya bisa ditekan. Selain itu, dapat menghapus kebijakan maupun strategi tumpang tindih antar anak usaha milik negara.

Seperti diketahui, pembentukan sub holding gas akan memberikan benefit sebesar USD77 juta, bahkan di 2022 benefit tersebut akan membesar menjadi USD132 juta.

The Gas

PGN bersama Pertagas yang telah bergabung dalam sub holding gas meluncurkan brand association yang diberi nama The Gas.

"The Gas merupakan representasi sinergi PGN dan Pertagas dalam sub holding gas yang menjadi pengelola satu-satunya gas bumi di Tanah Air," kata Gigih.

 Baca Juga: PGN Siap Bangun Jaringan Gas Rp12,5 Triliun

Menurut Gigih, The Gas merupakan gambaran dunia gas bumi yang telah diproduksi dalam perut bumi selama jutaan tahun. Dia juga mengatakan bahwa produk PGN adalah gas bumi yang tidak bisa dipegang serta tidak memiliki kemasan.

Adapun dalam dunia The Gas tersebut diimajinasikan dengan maskot berupa makhluk-makhluk hidup bernama Pepe, Gege, dan Een yang merupakan personifikasi dari molekul-molekul gas bumi. Ketiga maskot tersebut adalah 3 karakter dari The Gas World yang muncul ke dalam dunia nyata mewakili PGN sebagai korporasi.

Karakter pertama, yakni Pepe yang berwarna kuning, mewakili infrastruktur pipa yang sudah dibangun oleh PGN. Warna kuning ini juga menggambarkan karakter PGN dan para pekerjanya yang bekerja di lapangan untuk dapat mengantarkan energi baik di seluruh Indonesia.

Selanjutnya Gege, yang berukuran paling besar dan berwarna biru sebagai representasi dari korporasi PGN. Kemudian Een yang berwarna orange mewakili warna safety, yang merupakan representasi dari karakter PGN.

"Dunia The Gas diharapkan dapat merepresentasikan sinergi baru PGN dan Pertagas untuk menjadi perusahaan gas terbesar yang menyalurkan energi baiknya untuk tanah air," kata Gigih.

Sebelumnya, Pertagas dan PGN telah resmi bersinergi menjadi sub holding gas pada 28 Desember 20j18 menyusul lanjutan dari kebijakan pemerintah dalam rangkaian Holding BUMN.

Gigih mengatakan, pengelolaan infrastruktur gas dalam rantai distribusi dan transmisi akan dilakukan oleh Sub Holding Gas. Dengan demikian, ongkos operasionalnya bisa ditekan. Selain itu, dapat menghapus kebijakan maupun strategi tumpang tindih antar anak usaha milik negara.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini