LRT Jakarta Ditargetkan Beroperasi Maret 2019, Bagaimana Kesiapannya?

Yohana Artha Uly, Jurnalis · Senin 25 Februari 2019 13:41 WIB
https: img.okezone.com content 2019 02 25 320 2022485 lrt-jakarta-ditargetkan-beroperasi-maret-2019-bagaimana-kesiapannya-MOX0BSlqf1.jpeg LRT Jakarta (Foto: Yohana/Okezone)

JAKARTA - Pengoperasian Moda transportasi kereta ringan atau Light Rail Transit (LRT) secara komersial akan segera dilakukan. Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menyebutkan target pengoperasian moda transportasi modern ini pada Maret 2019 mendatang.

Direktur Utama PT LRT Jakarta Allan Tandiono menyatakan, konstruksi LRT Jakarta untuk rute Velodrome-Kelapa Gading kini telah mencapai 99%. Tinggal merampungkan beberapa pengujian kelaikan operasi dan keamanan Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kemenhub, sehingga nanti bisa diterbitkan izin operasi.

Baca Juga: Pembangunan Sudah 99%, LRT Jakarta Kebut Proses Pengujian dan Sertifikasi

Okezone pun berkesempatan untuk menengok persiapan dari LRT Jakarta. Uji coba terbatas ini pun berlangsung dari Stasiun Velodrome, Rawamangun. Di stasiun ini semua fasilitas nampak telah siap, di mana eskalator, CCTV, hingga penerangan sudah beroperasi.

Memasuki peron LRT, terlihat ada pintu khusus untuk mengamankan penumpang dari jalur rel. Pintu tersebut akan terbuka seiring dengan terbukanya pintu LRT saat menjemput penumpang.

Masuk ke dalam rangkaian kereta atau trainset, nampak tiang-tiang kereta masih terbungkus oleh plastik. Menunjukkan kereta ini memang masih dalam proses persiapan dan pengujian. Ruangan pun terasa nyaman yang memang didukung udara dingin di dalam kereta.

lrt

Penampilan LRT ini memang tak jauh beda dari KRL Commuter Line. Terdapat pegangan bagi penumpang yang berdiri, juga ada bangku prioritas seperti pada umumnya.

LRT Jakarta memiliki 8 trainset di mana masing-masing berkapasitas berkisar 135 orang. Dengan demikian, kapasitas keseluruhan penumpang bisa mencapai sekitar 1.080 orang.

Adapun kereta ringan sepanjang 5,8 kilometer ini memiliki 6 stasiun layang (elevated) yang telah dibangun yaitu Pegangsaan Dua (kawasan Depo), Boulevard Utara, Boulevard Selatan, Pulomas, Equestrian, dan Velodrome. Nantinya, pengoperasian LRT juga akan terintegrasi dengan moda transportasi Transjakarta.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini