Tarif LRT Jakarta Tunggu Keputusan Pemprov DKI

Yohana Artha Uly, Jurnalis · Senin 25 Februari 2019 14:45 WIB
https: img.okezone.com content 2019 02 25 320 2022519 tarif-lrt-jakarta-tunggu-keputusan-pemprov-dki-ZXKvgntVS8.jpeg LRT Jakarta (Foto: Yohana/Okezone)

JAKARTA - PT LRT Jakarta memastikan penentuan tarif Light Rail Transit (LRT) Jakarta merupakan wewenang pihak Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta. Oleh sebab itu, pihaknya masih menunggu keputusan Pemprov DKI.

Direktur Utama PT LRT Jakarta Allan Tandiono menjelaskan, progres pembangunan moda transportasi kereta ringan yang ditargetkan beroperasi Maret 2019 ini, sudah mencapai 99%. LRT sudah siap beroperasi hanya saja tinggal menunggu penyelesaian uji coba kelaikan dan keamanan dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

Baca Juga: LRT Jakarta Ditargetkan Beroperasi Maret 2019, Bagaimana Kesiapannya?

"Untuk kisaran tarifnya, kita masih menunggu dari pihak Pemprov DKI. Tetapi konstruksi fisik kita sampaikan sudah mencapai 99%," ungkapnya ditemui di Stasiun Velodrome LRT Jakarta, Jakarta Timur, Senin (25/2/2019).

Alan pun menepis, soal beredar kabar tarif LRT Jakarta yakni sebesar Rp12.000. Kata dia, tarif tersebut merupakan tarif LRT Jabodebek (Jakarta, Bogor, Depok, Bekasi), bukan tarif LRT Jakarta.

Sebelumnya, Dewan Transportasi Kota Jakarta (DTKJ) memang mengusulkan tarif LRT Jakarta sebesar Rp10.800. Namun, usulan ini masih dalam tahap pembahasan di Pemprov DKI Jakarta.

Melihat Lebih Dekat Pembangunan Stasiun LRT Taman Mini 

"Jadi jangan di salah artikan, yang Rp12.000 itu LRT Jabodebek bukan LRT Jakarta," kata dia.

Untuk diketahui, proyek LRT di Ibu Kota sendiri terbagi dua, yakni LRT Jakarta yang digarap PT Jakarta Propertindo, BUMD Pemprov DKI, dan dioperasikan oleh PT LRT Jakarta. Proyek ini memiliki ruas sepanjang 5,8 km dengan jalur Kelapa Gading-Velodrome.

Sedangkan proyek LRT yang digarap Adhi Karya yakni LRT Jabodebek. Proyek ini sepanjang 44,33 km dengan tiga ruas yaitu Cibubur-Cawang, Cawang-Dukuh Atas dan Bekasi Timur-Cawang.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini