nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Fakta-Fakta Sirkuit MotoGP di KEK Mandalika Saingi Monaco

Retno Tri Wardani, Jurnalis · Selasa 26 Februari 2019 13:25 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 02 26 470 2022963 fakta-fakta-sirkuit-motogp-di-kek-mandalika-saingi-monaco-s1XnwyunvI.jpg Foto: MotoGP (AFP)

JAKARTA – Kurang lebih dua tahun dari sekarang, Indonesia akan mengadakan event olahraga kelas dunia yakni MotoGP yang akan digelar di Kawasan Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Ajang tersebut diharapkan dapat mendorong sektor pariwisata sehingga meningkatkan perekonomian wilayah tersebut. Lebih jauh, gelaran balapan motor bergengsi itu bisa mengangkat nama Indonesia di pentas olahraga internasional.

 Baca Juga: Sirkuit MotoGP Dibangun di KEK Mandalika, Luhut: Kita Harus Optimis Jangan Pesimis

Berikut fakta-fakta terkait sirkuit MotoGP di KEK Mandalika yang telah dirangkum Okezone seperti dikutip, Jakarta, Selasa (26/2/2019).

1. Sirkuit MotoGP di Mandalika Akan Saingi Singapura atau Monaco

Pemerintah akan berupaya agar Mandalika menjadi salah satu race (sirkuit) yang cukup baik seperti di Singapura maupun di Monaco.

“Presiden memprioritaskan Mandalika menjadi tempat sport wisata. Selain nanti ada MotoGP, tentunya juga ada sport yang berkaitan dengan laut, pantai, dan lain sebagainya,” kata Sekretaris Kabinet (Seskab) Pramono Anung.

2. Jadi Daya Tarik Baru untuk Mandalika dan Indonesia

Ini dikaitkan dengan pariwisata dan tempatnya sangat baik, dan mungkin nanti akan menjadi salah satu race (sirkuit) yang cukup baik seperti di Singapura maupun di Monaco.

“Tentu ini sangat positif bagi perkembangan sport dan wisata Indonesia,” kata Sekretaris Kabinet (Seskab) Pramono Anung.

 Baca Juga: Pengelola KEK Mandalika Butuh Rp4,5 Triliun

3. Istana: Jadi Tuan Rumah MotoGP Buktikan Indonesia Bangsa yang Besar

Sirkuit Mandalika Lombok di Nusa Tenggara Barat (NTB), Indonesia, akan menjadi tuan rumah MotoGP yang akan digelar pada 2021. Sekretaris Kabinet (Seskab), Pramono Anung, menerangkan terpilihnya Mandalika sebagai tuan rumah MotoGP merupakan salah satu visi pemerintah dalam membawa Indonesia sebagai bangsa besar.

"Apa yang dilakukan pemerintah dengan MotoGP, kemudian Olimpiade (calon tuan rumah Olimpiade 2032) ini memang visi ke depan untuk menjadikan bangsa besar, (bangsa) pemenang," kata Pramono.

4. Istana Pastikan Mandalika Siap Menjadi Tuan Rumah MotoGP

Sekretaris Kabinet (Seskab) Pramono Anung, menyatakan pemerintah akan serius menyiapkan Mandalika sebagai tuan rumah untuk perhelatan MotoGP pada 2020-2021. Dia menjelaskan Presiden Joko Widodo pun telah mencanangkan Mandalika yang terletak di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), itu sebagai satu dari 10 tempat wisata Bali baru.

"Salah satu hal yang menjadi prioritas adalah Mandalika akan menjadi tempat sport wisata, selain nanti ada MotoGP tentunya nanti akan ada sport yang berkaitan dengan laut, pantai, dan lain-lain," kata Pramono.

 

5. Bos Dorna Sebut Sirkuit Mandalika Jadi Proyek yang Unik

Promotor MotoGP, Dorna Group, resmi mengumumkan Indonesia sebagai tuan rumah balapan MotoGP pada 2021 di Sirkuit Mandalika, Nusa Tenggara Barat (NTB). Bos Dorna, Carmelo Ezpeleta, menyebut balapan di sirkuit yang akan dibangun pada April 2019 itu cukup unik dan berbeda.

Sebagaimana diketahui, Mandalika merupakan resor wisata yang tengah dikembangkan oleh Indonesian Tourism Development Corporation (IDTC). Sirkuit yang dibangun nantinya akan mengelilingi resor wisata tersebut sehingga menawarkan pemandangan alam yang indah berupa Samudera Hindia dan laguna.

1
2

Berita Terkait

Kawasan Ekonomi Khusus (KEK)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini