Gucci Rebut Gelar Merek Terpopuler di Dunia

Koran SINDO, Jurnalis · Kamis 28 Februari 2019 09:45 WIB
https: img.okezone.com content 2019 02 28 320 2023840 gucci-rebut-gelar-merek-terpopuler-di-dunia-lUz7MDz8mm.jpg Foto: Gucci Merek Terpopuler di Dunia (BoF)

JAKARTA - Merek terkenal yakni Gucci berhasil merebut gelar sebagai merek paling populer di dunia dari Off-White dalam The Lyst Index 2018.

Berdasarkan laporan Lyst, sebanyak 6 juta konsumen mencari tas, sabuk, atau sepatu bermerek Gucci mulai Oktober hingga Desember tahun lalu. Tas klasik Gucci Soho Disco dan sabuk logo menjadi produk yang paling banyak diburu.

Merek rancangan asal Italia itu telah berada di puncak pencarian sejak tahun lalu. Lyst bahkan menyatakan produk Gucci sangat laris manis hingga mengalahkan produk lain beberapa kali lipat. “Aksesori coveted Gucci dua kali lipat lebih banyak dicari bila dibandingkan dengan 8 produk teratas,” ungkap Lyst seperti dikutip independen.co.uk.

 

 Baca Juga: 3 Bank Singapura Naik Kelas dalam 500 Brand Paling Berharga di Dunia

Salah satu kunci sukses Gucci adalah tidak pernah berhenti berinovasi. Tahun lalu mereka merilis sneaker yang dihiasi batu permata bernama Journey Embelish Sneaker. Batu itu terletak pada strap yang melilit sneaker. Sepatu yang tersedia dalam beragam pilihan warna itu dibanderol hingga USD159.

Adapun Off-White yang memegang gelar merek paling populer di dunia selama Oktober hingga Desember 2017 kini tergeser ke urutan kedua. Di posisi ketiga terdapat Balenciaga yang mengalami kenaikan popularitas di media sosial setelah produknya dikenakan Michael Obama, istri mantan Presiden Amerika Serikat Barack Obama.

Penunjukan Riccardo Tisci sebagai pemimpin di Burberry juga terbukti memberikan hasil yang positif. Merek tersebut naik ke posisi ke-10 dalam The Lyst Index 2018 dari posisi ke-14. Merek asal Inggris itu juga mengalami kenaikan setelah iklan yang digelar selama musim liburan berjalan dengan lancar. Mereka sedikitnya mendapatkan sekitar 17,5 juta kali mention di media sosial dalam jangka waktu tiga bulan.

 Baca Juga: Ini Perbedaan Gucci dan Balenciaga dari Segi Pencitraan, Kamu Pasti Kaget!

Menurut Lyst, alas kaki masih menjadi produk fashion yang paling banyak dicari konsumen. Sejumlah merek sepatu juga mendominasi jajaran 10 besar. Efek Meghan Markle juga membantu sneaker Veja memuncaki peringkat. Jumlah pencarian yang dihasilkan berkat pengaruh Duchess of Sussex itu terhadap Veja meningkat sebesar 113%.

Meski rancangan dan kolaborasi merek baru banyak bermunculan pada 2018, para konsumen tetap lebih memilih produk istimewa yang unik, langka, dan bernilai tinggi. Dr Martens juga terbukti mencatat rekor yang konsisten dan bagus. Pada kuartal terakhir, Dr Martens mengalami kenaikan pencarian sebesar 110%.

“Bagaimanapun produk signature seperti aksesori Gucci dan Saint Laurent Monogram Envelope yang berhasil mencuri perhatian konsumen tetap tidak dapat diganggu gugat. Mereka memiliki tempat dan status sosial yang tinggi,” ungkap Lyst.

Lyst mengurutkan merek berdasarkan tingkat popularitas yang dianalisis melalui jumlah aktivitas belanja online. Lebih dari 5 juta konsumen telah berinteraksi dengan 12.000 merek di Lyst. Mereka juga menimbang hal lain seperti pencarian, browsing, dan pembelian. (Muh Shamil)

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini