nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

JPO Sudirman Jadi Ikon Baru Jakarta

Koran SINDO, Jurnalis · Kamis 28 Februari 2019 11:23 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 02 28 470 2023885 jpo-sudirman-jadi-ikon-baru-jakarta-JCq7FRZ4y5.jpg Ilustrasi: Foto Koran Sindo

JAKARTA –Tiga jembatan penyeberangan orang (JPO) modern di Jalan Sudirman-MH Thamrin bakal menjadi ikon baru Kota Jakarta.

JPO itu akan diresmikan hari ini. Kepala Dinas Bina Marga DKI Jakarta Hari Nugroho mengatakan, tiga JPO ikonik itu berada di Gelora Bung Karno (GBK) Senayan, Polda Metro Jaya, dan Bundaran Senayan.

Ketiganya menjadi pilot project untuk merevitalisasi jembatan lainnya yang sudah lawas. Selain berdesain artistik, fasilitas lain tiga JPO tersebut, yakni terdapat lampu LED dan lampu sorot warna-warni, papan petunjuk, railing pengarah, kamera pengawas/CCTV selama 24 jam, tong sampah, dan lift bagi kaum disabilitas.

”Untuk lift di tiga JPO tersebut baru beroperasi pada Mei mendatang,” ujar Hari, kemarin.

 Baca Juga: Revitalisasi 3 JPO di Jalan Sudirman Ditargetkan Kelar Akhir Tahun Ini

Tiga JPO di Jalan Sudirman itu menggunakan anggaran dari pihak swasta melalui Koefisien Luas Bangunan (KLB). Selain aman dan nyaman, desain atraktif dibuat agar pengguna JPO merasakan pengalaman baru ketika memanfaatkannya.

Menurut dia, desain artistik menjadi percontohan revitalisasi JPO lawas di Jakarta, seperti di Daan Mogot dan Pasar Minggu dengan menggunakan APBD.

”Ada 400 JPO di Jakarta. Kami masih terus menginven tarisasi JPO lawas dan perlu revitalisasi. Tahun ini ada enam sampai delapan JPO yang direvitalisasi dengan anggaran masing-masing Rp15 miliar,” kata Hari.

 Baca Juga: Sejumlah Jembatan Penyeberangan Orang Dipercantik

Kepala Bidang Simpang dan Jalan Tidak Sebidang Dinas Bina Marga DKI Jakarta Heru Suwondo menuturkan, telah menyelesaikan dua JPO ramah disabilitas dan artistik di Jelambar, Jakarta Barat, dan JPO Sumarno, Jakarta Timur, yang dibiayai APBD.

”Sudah berfungsi sejak awal Januari 2019 dilengkapi lift, tata pencahayaan, dan CCTV,” ucapnya.

Pembangunan JPO itu sesuai rencana Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan untuk merevitalisasi sejumlah JPO lawas antara lain JPO Ratu Plaza, Bendungan Hilir, Karet Sudirman, Bumi Putera, Dukuh Atas, Tosari, Sarinah, Sari Pan Pasifik, Bank Indonesia, dan Dewi Sartika.

”Dalam waktu dekat akan di-launching pembangunan JPO di Daan Mogot (Jembatan Gantung) dan Pasar Minggu,” ujarnya.

Sekretaris Komisi D DPRD DKI Jakarta Pandapotan Sinaga mengatakan, prinsipnya Komisi D DPRD mendukung revitalisasi JPO untuk memudahkan masyarakat menyeberang dengan aman dan nyaman.

 Baca Juga: Pemprov DKI Hitung Ulang Biaya Renovasi 3 JPO di Sudirman

Terpenting, penggunaan anggaran pembangunan bisa dipertanggungjawabkan termasuk perawatan dan pemeliharaannya. Apalagi tiga JPO di Jalan Sudirman yang menggunakan anggaran KLB itu belum jelas dari mana asalnya.

Menurut dia, apabila itu dari sisa pembangunan KLB Simpang Susun Semanggi, Pemprov DKI harus membuka berapa KLB dan kompensasinya.

”Simpang Susun Semanggi berarti belum diserahterimakan asetnya pada DKI kalau tiga JPO itu menggunakan dana KLB yang sama. Segera diserahterimakan termasuk tiga JPO tersebut se hingga jelas perhitungannya. Kalau belum serah terima aset, bagaimana perawatannya,” ungkapnya.

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan, perubahan desain JPO di koridor Sudirman-Thamrin untuk memfasilitasi seluruh warga. Desain JPO yang dibuat menampilkan wajah kemajuan Jakarta.

”Perancangannya mau diubah agar bisa memfasilitasi semua. Desain tentu kita ingin buat baik dan bagus,” ujarnya, beberapa waktu lalu.

Menurut dia, yang harus diutamakan dalam perbaikan JPO adalah faktor keselamatan dan unsur estetika juga penting. Perbaikan JPO dilakukan bertahap. Jika mendapat respons bagus, Pemprov DKI berencana menambah jumlah daftar JPO untuk diperbaiki.

”Jangan sampai sekadar membangun agar kelihatan secara jumlah selesai banyak, tapi efek di masyarakatnya kita lihat dulu. Ini kita jadikan kesempatan untuk direview,” kata Anies. (Bima Setiyadi)

1 / 2
GRATIS! Uji kesiapanmu menghadapi SBMPTN 2019 di Tryout SBMPTN Online 2019. Daftar dan login DI SINI

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini