nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Februari Deflasi, Gubernur BI: Sejalan dengan Survei Pemantauan Harga

Taufik Fajar, Jurnalis · Jum'at 01 Maret 2019 15:54 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 03 01 20 2024510 februari-deflasi-gubernur-bi-sejalan-dengan-survei-pemantauan-harga-tZLuqiDVen.jpg Gubernur BI Perry Warjiyo (Foto: Okezone)

JAKARTA - Badan Pusat Statistik (BPS) mencatatkan pada Februari 2019 terjadi deflasi sebesar 0,08% (month to month/mtm). Laju ini lebih terkendali dari Januari 2018 yang mengalami inflasi sebesar 0,32%.

Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo mengatakan, inflasi bulan Februari yang menunjukan deflasi 0,08%, jauh lebih rendah dari inflasi di bulan Januari yang 0,32%.

Baca Juga: Februari Deflasi 0,8%, Menko Darmin: Sumbernya dari Bahan Makanan

"Ini juga sejalan dengan survei pemantauan harga yang kami sampaikan sebelumnya bahwa memang harga-harga Alhamdulillah terus terkendali," ujarnya di Kantor BI Jakarta, Jumat (1/3/2019).

Dia menjelaskan, koordinasi pemerintah pusat, pemerintah daerah, Bank Indonesia dan berbagai pihak menunjukkan bahwa harga-harga terkendali untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

Baca Juga: Februari Deflasi, Harga Daging Ayam hingga Cabai Merah Turun

"Semua komoditas khususnya bahan-bahan makanan itu mengalami penurunan yang terkait dengan daging ayam, cabai merah, telur, bawang maupun yang lain-lain. Demikian juga kelompok administer price juga terkendali," tuturnya.

Dia menuturkan, inflasi rendah dan terkendali dan sekaligus mengkonfirmasi bahwa akhir tahun ini. "Prediksi Bank Indonesia inflasi akan lebih rendah dari 3,5%, 3,5 % adalah titik tengah sasaran inflasi untuk tahun 2019," ungkapnya.

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini