nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Februari Deflasi, Gubernur BI: Sejalan dengan Survei Pemantauan Harga

Taufik Fajar, Jurnalis · Jum'at 01 Maret 2019 15:54 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 03 01 20 2024510 februari-deflasi-gubernur-bi-sejalan-dengan-survei-pemantauan-harga-tZLuqiDVen.jpg Gubernur BI Perry Warjiyo (Foto: Okezone)

JAKARTA - Badan Pusat Statistik (BPS) mencatatkan pada Februari 2019 terjadi deflasi sebesar 0,08% (month to month/mtm). Laju ini lebih terkendali dari Januari 2018 yang mengalami inflasi sebesar 0,32%.

Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo mengatakan, inflasi bulan Februari yang menunjukan deflasi 0,08%, jauh lebih rendah dari inflasi di bulan Januari yang 0,32%.

Baca Juga: Februari Deflasi 0,8%, Menko Darmin: Sumbernya dari Bahan Makanan

"Ini juga sejalan dengan survei pemantauan harga yang kami sampaikan sebelumnya bahwa memang harga-harga Alhamdulillah terus terkendali," ujarnya di Kantor BI Jakarta, Jumat (1/3/2019).

Dia menjelaskan, koordinasi pemerintah pusat, pemerintah daerah, Bank Indonesia dan berbagai pihak menunjukkan bahwa harga-harga terkendali untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

Baca Juga: Februari Deflasi, Harga Daging Ayam hingga Cabai Merah Turun

"Semua komoditas khususnya bahan-bahan makanan itu mengalami penurunan yang terkait dengan daging ayam, cabai merah, telur, bawang maupun yang lain-lain. Demikian juga kelompok administer price juga terkendali," tuturnya.

Dia menuturkan, inflasi rendah dan terkendali dan sekaligus mengkonfirmasi bahwa akhir tahun ini. "Prediksi Bank Indonesia inflasi akan lebih rendah dari 3,5%, 3,5 % adalah titik tengah sasaran inflasi untuk tahun 2019," ungkapnya.

(fbn)

GRATIS! Uji kesiapanmu menghadapi SBMPTN 2019 di Tryout SBMPTN Online 2019. Daftar dan login DI SINI

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini