nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pakai E-Filing, Sri Mulyani: Anda Tak Perlu ke Kantor Pajak

Minggu 03 Maret 2019 12:05 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 03 03 20 2025164 pakai-e-filing-sri-mulyani-anda-tak-perlu-ke-kantor-pajak-F1QBQdCoOn.jpg Foto: iNews.id

JAKARTA - Kementerian Keuangan (Kemenkeu) melakukan sosialisasi penyampaian Surat Pemberitahuan (SPT) Tahunan melalui e-filing atau pelaporan online. Sosialisasi ini dilakukan semenarik mungkin dengan olahraga zumba.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan, penyampaian e-filing ini sudah dijalankan sejak 2012 oleh Direktorat Jenderal Pajak Kemenkeu. Hingga saat ini sudah 3,2 juta Wajib Pajak (WP) yang menyampaikan SPTnya di mana 90% melalui e-filing.

"Saya berterima kasih kepada DJP sejak 2012 sudah mulai inisatif menggunakan e-filing. Jadi Anda tidak perlu datang ke kantor pajak, bisa di malam hari, apabila ada kesibukan kerja bisa dilakukan melalui e-filing," ujarnya di Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta, Minggu (3/3/2019).

Baca Juga: Aksi Sri Mulyani Senam di Tengah Guyuran Hujan

Kendati demikian, pihaknya terus melakukan sosialisasi untuk mendongkrak motivasi masyarakat agar patuh membayar pajak. Pasalnya, target penerimaan pajak tahun ini cukup berat karena pajak menyumbangkan 82% dari pendapatan negara di 2019.

"Tahun ini mengumpulkan pajak angka signifikan. Jadi kita akan lakukan dengan pelayanan sebaik-baiknya," kata dia.

Oleh karenanya, pemerintah berupaya memberikan kemudahan dengan penyampaian SPT tahunan secara online tersebut yang bisa diakses melalui djponline.pajak.go.id. Hal ini dikarenakan pengguna gadget di Indonesia sangat banyak.

"Kalau di Indonesia pengguna handphone 150 juta gadget, maka kita bisa bayangkan kalau 3 juta saja sedikit, tahun lalu 12,5 juta tingkat kepatuhan meningkat sampai 71%," tuturnya.

Baca Juga: Sri Mulyani: Pajak Adalah Tulang Punggung Ekonomi RI

Sementara itu, Direktur Jenderal Pajak Kemenkeu Robert Pakpahan mengatakan, sosialisasi ini dilakukan secara serentak di 34 kantor wilayah di seluruh Indonesia. Selain, penyampaian melalui e-filing, DJP juga mengingatkan WP untuk tidak menunda menyampaikan SPT tahunan.

"Kegiatan ini adalah semacem kampanye sambil olahraga mengingatkan bahwa ini bulan Maret bulan terakhir pelaporan SPT terakhir 31 Maret," ujarnya.

Sosialisasi ini sebagai bagian dari kampanye pelaporan SPT Pajak Penghasilan Tahunan dengan tagline Lapor SPT: Lebih Awal, Lebih Nyaman. Adapun acara yang bernama Spectaxcular 2019 ini dihadiri juga oleh sejumlah pejabat Kemenkeu dan DJP. (iNews.id)

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini