Potensi Aset Wakaf RI Tembus Rp2.000 Triliun

Taufik Fajar, Jurnalis · Selasa 05 Maret 2019 12:28 WIB
https: img.okezone.com content 2019 03 05 320 2025991 potensi-aset-wakaf-ri-tembus-rp2-000-triliun-VwSzR8tss6.jpg Foto: Wakaf Indonesia (Taufik/Okezone)

JAKARTA - Badan Wakaf Indonesia (BWI) mencatat potensi aset wakaf per tahun mencapai Rp2.000 triliun dengan luas tanah wakaf mencapai 420 ribu hektare (ha). Sedangkan potensi wakaf uang bisa menembus kisaran Rp188 triliun per tahun.

"Aset wakaf tanah sebanyak 337 bidang masih belum bersertifikat. Sedangkan yang sudah bersertifikat sebanyak 163 bidang tanah tahun 2018. Wakaf dapat masuk dalam instrumen pokok masyarakat terutama sektor kesejahteraan," ujar Ketua BWI Mohammad Nuh, di Jakarta, Selasa (5/3/2019).

Baca Juga: BI dan Badan Wakaf Indonesia Susun Strategi Maksimalkan Potensi Wakaf

Dia menjelaskan, BWI mempunyai isu strategis dalam upaya memperbesar dunia perwakafan Indonesia. Seperti isu mengenai wakif atau orang yang mewakafkan sebagian hartanya.

"Memperbanyak wakif adalah dengan menggaet seluruh lapisan masyarakat. Salah satunya generasi milenial turut menjadi sasaran," tuturnya.

Baca Juga: KNKS Gaet Kemenag Susun Data Base Wakaf Nasional

Dia menambahkan, pola pikir masyarakat tentang wakaf saat ini perlu dibenahi. Pasalnya, sebagian masyarakat masih beranggapan wakaf itu hanya berkaitan dengan masalah tanah.

"Dulu wakaf sebatas urusan tanah maka pemikiran dari pendahulu kita harta wakaf semakin luas. Mulia dari tanah, royalti, apa saja sudah semakin berkembang dan memudahkan orang memberikan wakafnya," pungkasnya.

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini