nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Hanya 26 Juta Orang yang Berhak Nikmati LPG 3 Kg Subsidi

Taufik Fajar, Jurnalis · Rabu 06 Maret 2019 20:45 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 03 06 320 2026793 hanya-26-juta-orang-yang-berhak-nikmati-lpg-3-kg-subsidi-xO5pdwrWio.jpg Foto: Okezone

JAKARTA - Pemerintah saat ini masih mengkaji pendistribusian LPG subsidi untuk masyarakat penerima bantuan sosial (bansos), usaha mikro, dan nelayan. Diprediksi ada 26 juta orang dari seluruh Indonesia penerima subsidi.

Direktur Pembinaan Usaha Hilir Migas Kementerian ESDM Muhammad Rizwi Jilanisaf Hisjam menyatakan, 26 juta orang itu berasal dari golongan masyarakat penerima bansos yang terdata di basis data terpadu (BDT) milik Kementerian Sosial.

"Sementara untuk usaha mikro dan nelayan masih belum dipastikan karena sumber datanya masih berbeda. Namun dari KKP yang nelayan, kalau usaha mikro dari Kemenkop. Karena kita tidak boleh bikin data sendiri," ujarnya di Gedung DPR, Jakarta, Rabu (6/3/2019).

 Baca Juga: Jadi Distributor LPG Harus Bayar Rp1 Miliar? Ini Kata Dirut Pertamina

Dia menuturkan, para penerima LPG subsidi ini akan mendapatnya melalui kartu yang terintegrasi dengan bansos lainnya seperti raskin hingga listrik. Dan ditargetkan integrasi kartu ini dan distribusi LPG subsidi mulai efektif tahun 2020.

"Jadi, kami prediksi akan efektif di 2020. Di mana tahun ini akan di finalkan, karena anggarannya juga lama," katanya.

 Baca Juga: Menteri ESDM Ungkap Solusi agar Subsidi LPG 3 Kg Tepat Sasaran

Dia menambahkan, para penerima subsidi tersebut bisa membeli LPG 3 kilogram dengan harga murah yakni Rp15.000 per tabung. Sedangkan harga LPG tanpa subsidi sebesar Rp30.000 per tabung.

"Namun, bagi setiap golongan penerima LPG subsidi ini memiliki kuota yang berbeda setiap bulannya. Seperti golongan rumah tangga akan diperbolehkan membeli LPG subsidi sebanyak 3 tabung, sementara bagi usaha mikro sekitar 9 tabung dan nelayan 10 tabung," katanya.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini