nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

104.000 Orang Berebut Lowongan Kerja BUMN

Koran SINDO, Jurnalis · Minggu 10 Maret 2019 11:05 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 03 10 320 2028015 104-000-orang-berebut-lowongan-kerja-bumn-2FxvEM7E0M.jpg Ilustrasi: Shutterstock

BANDARLAMPUNG – Ada kabar baik untuk generasi muda yang ingin berkarier di Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Kementerian tersebut menyediakan 11.000 posisi lowongan kerja BUMN di 110 perusahaan BUMN. Kesempatan tersebut dibuka hingga 17 April depan. Namun, upaya tersebut tidak mudah karena dipastikan harus bertarungan dengan ratusan ribu pendaftar karena minat masyarakat terhadap Program Perekrutan Bersama BUMN cukup tinggi.

Hingga saat ini tercatat sudah ada 104.000 orang pelamar. “Kami siapkan 11.000 posisi yang sangat strategis, apalagi ini dibuka melalui jalur reguler, disabilitas, dan wilayah kawasan timur,” kata Menteri BUMN Rini M Soemarno pada acara Festival BUMN 2019 yang digelar di PKOR Wayhalim, Bandarlampung.

Baca Juga: BUMN Buka 11.000 Lowongan Kerja, Simak Cara Daftarnya

Dia berharap dengan pembukaan lowongan pekerjaan ini dapat merekrut para lulusan sekolah SMA/sederajat atau universitas negeri atau swasta yang ada di Bandarlampung.

Selain itu, dengan pembukaan lowongan ini berarti dapat mengurangi angka pengangguran yang ada di Provinsi Lampung serta dapat menarik sejumlah putra-putri bangsa terbaik untuk dapat mengisi sejumlah posisi terbaik.

“Lowongan yang dibuka ini tidak dipungut biaya alias gratis dan biaya lainnya. Semoga dengan adanya pembukaan lowongan kerja ini, banyak pemuda-pemudi Lampung dapat diterima di seluruh BUMN yang ada di Kementerian BUMN,” kata Rini.

Dia lantas memberi tips agar para pendaftar harus bisa mengikuti tes sesuai kemampuan dan keinginan tempat bekerja. Tak lupa dia mengingatkan, apabila peserta pendaftar telah diterima, harus bisa menjaga nama baik almamater sekolah maupun universitas di tempat mereka bekerja.

kerja

Sebagai informasi, lowongan dimaksud merupakan bagian dari Program Perekrutan Bersama BUMN yang digelar Kementerian BUMN melalui Forum Human Capital Indonesia (FHCI) dilaksanakan dalam rangka merayakan HUT ke-21.

Mereka berharap program ini bisa menjaring putra-putri terbaik Indonesia untuk bergabung menjadi keluarga besar BUMN. Ketua Forum Human Capital Indonesia Herdy Rosadi Harman juga menjelaskan program ini diluncurkan didasari pada program prioritas Nawacita Presiden Joko Widodo (Jokowi), yaitu meningkatkan produktivitas dan daya saing di pasar internasional sehingga bangsa Indonesia bisa maju dan bangkit bersama bangsabangsa Asia lainnya.

“Arahan Presiden Jokowi bahwa infrastruktur yang sudah dibangun besar-besaran sudah cukup bagi Indonesia untuk bisa bersaing dengan negara lain. Jadi tahun 2019 ini pemerintah lebih fokus pada pembangunan sumber daya manusia (SDM).

Untuk itu, kita membuka 11.000 lowongan pekerjaan di 110 perusahaan BUMN,” kata Herdy di Jakarta kemarin. Program Perekrutan Bersama BUMN dilakukan secara terbuka dan memberikan peluang yang sama bagi semua kalangan lulusan SLTA/SMK, vokasi, S1-S2, talenta disabilitas, dan rekrut khusus putraputri dari kawasan Indonesia timur (KTI).

Dalam perekrutan ini ada tiga jalur yang bisa diikuti. Tiga jalur itu adalah jalur reguler, disabilitas, dan kawasan timur Indonesia. Untuk rekrutmen reguler adalah program rekrutasi bagi putra-putri terbaik Indonesia lulusan SLTA (SMA/SMK), Diploma (D1 - D4), dan Sarjana (S1 - S2) untuk membangun karier di lingkungan keluarga besar BUMN sebagai “agent of development “ untuk mengembangkan kreativitas dan inovasi bersama di BUMN.

Sedangkan rekrutmen disabilitas adalah rekrutasi dengan resource disabilitas yang memenuhi kualifikasi kebutuhan tenaga kerja sesuai kebutuhan bisnis BUMN baik lulusan SLTA (SMA/SLTA), Diploma (D1-D4), dan Sarjana (S1), untuk memenuhi posisi di berbagai sektor bisnis di seluruh Indonesia.

Baca Juga: Menteri Rini: Pertama Kali 110 BUMN Buka 11.000 Lowongan Kerja

Kemudian untuk rekrutmen KTI adalah rekrutasi dengan resource penduduk asli atau keturunan dari kawasan Indonesia timur, lulusan SLTA (SMA/SMK), Diploma (D1- D4), dan Sarjana (S1) untuk berkarier dan mengembangkan diri di seluruh sektor bisnis BUMN Indonesia.

Rekrutasi KTI, yaitu daerah Papua, Papua Barat, Maluku, Maluku Utara, Nusa Tenggara Barat, dan Nusa Tenggara Timur untuk ditempatkan di daerah domisili masing-masing atau ditempatkan di seluruh wilayah kerja BUMN sesuai dengan kebutuhan masing-masing BUMN.

“Perekrutan ini juga sebagai wujud pemerataan pembangunan yang berkeadilan. Ada empat tujuan dalam perekrutan ini, yaitu BUMN Employer Branding, standarisasi, efisiensi, dan diversity atau keberagaman,” bebernya.

Tak hanya pendaftaran yang dilakukan terpusat, lanjut dia, FHCI juga menggelar seleksi bersama yang dilakukan serentak untuk pelamar yang mendaftar di saat yang sama dengan sistem online.

(Heru Febrianto/Ant)

1 / 2
GRATIS! Uji kesiapanmu menghadapi SBMPTN 2019 di Tryout SBMPTN Online 2019. Daftar dan login DI SINI

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini