nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jokowi: Gunakan Aspal Karet di Seluruh Indonesia

Okky Wanda lestari, Jurnalis · Selasa 12 Maret 2019 05:08 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 03 11 320 2028610 jokowi-gunakan-aspal-karet-di-seluruh-indonesia-tkh08Zee1N.jpg Ilustrasi: Foto Koran Sindo

BANYUASIN – Presiden Joko Widodo (Jokowi) memerintahkan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menggunakan getah karet sebagai campuran aspal. Hal itu perlu di lakukan agar karet lebih banyak digunakan sehingga diharapkan bisa mendongkrak harga.

“Sekarang ngaspal jalan jangan sampai hanya aspal. Campur dengan karet. Sudah dicoba di Sumsel, Riau, dan Jambi. Hasilnya bagus, tapi harganya lebih mahal sedikit. Nggak apa beli, ini perintah,” kata Presiden dalam keterangan tertulisnya, kemarin.

Jokowi juga meminta agar penggunaan aspal karet jangan hanya sebatas di tiga provinsi saja, tetapi juga di seluruh Indonesia. Presiden meminta Menteri Perindustrian (Menperin) Airlangga Hartarto menyiapkan regulasi yang bisa menarik investor membangun pabrik pengolah karet di Tanah Air.

Dengan adanya pabrik itu, diharapkan tidak ada lagi karet mentah yang diekspor. “Kita bangun pabrik-pabrik untuk mengolah karet di dalam negeri. Kita harus memiliki industri yang berkaitan dengan bahan baku karet sehingga harga jadi lebih baik,” katanya.

Baca Selengkapnya: Perintah Presiden: Karet Jadi Campuran Aspal

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini