nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pembangunan Terminal CPO Pelabuhan Sibolga Ditargetkan Selesai 2 Tahun

Arief Setyadi , Jurnalis · Minggu 17 Maret 2019 17:16 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 03 17 320 2031214 pembangunan-terminal-cpo-pelabuhan-sibolga-ditargetkan-selesai-2-tahun-xRm0tLzy6t.jpg Foto: Arief Setyadi (Okezone)

SIBOLGA - Usai diresmikan Presiden Joko Widodo (Jokowi), Pelabuhan Sibolga, Sumatera Utara (Sumut) bakal dipoles lagi dengan dibangun Terminal Crude Palm Oil (CPO). Pengembangan terus dilakukan mengingat potensi yang ada di daerah tersebut.

"Kita akan kembangkan lagi dengan sedikit reklamasi, sebelah sana (menunjuk ke area pelabuhan) yang akan kita pakai untuk terminal untuk storage bagi CPO. Jadi, CPO yang dari Sibolga ini tidak usah lewat darat sampai 10 jam untuk menuju ke Belawan, langsung dari sini bisa. Harapan kita itu," kata Jokowi saat peresmian Pelabuhan Sibolga, Minggu (17/3/2019).

 Baca Juga: Presiden Jokowi Minta Pelabuhan Sibolga Angkut CPO

Untuk proses pembangunannya, lanjut Jokowi, sedang dikalkulasi dulu agar keberadaan pelabuhan ini bisa benar-benar memberikan manfaat ekonomi terhadap kawasan sekitar. Namun, pembangunan terminal CPO ditargetkan Jokowi bisa rampung dalam kurun waktu dua tahun.

"Segera dimulai, biasanya 2 tahun lah maksimal," tuturnya.

Menurut Jokowi, banyak hal yang perlu dipersiapkan untuk mendorong roda ekonomi agar bisa bergerak cepat. Peran pemerintah pusat tentunya menyiapkan infrastruktur. Sedangkan pemerintah daerah tugasnya menumbuhkan titik titik pertumbuhan ekonomi baru di sini.

"Saya kira banyak itu kalau pertambangan bisa bergerak, kelapa sawit juga bisa bergerak, apalagi ada hilirisasi, dan perikanan ada tempat pengolahannya, ini nanti dunia usaha akan mengarah ke situ pasti," katanya.

 Baca Juga: Presiden Jokowi Resmikan Pelabuhan Sibolga

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menuturkan, sekarang ini setelah dilakukan penataan dan pengembangan, Pelabuhan Sibolga bisa untuk turun naik penumpang. Kemudian, juga untuk bongkar muat dan sudah dilengkapi fixed crane.

Adapun rencana pembangunan Terminal CPO, kata Menhub, karena memang ada potensi yang besar di kawasan ini, sehingga ke depannya bisa masuk pasar ekspor dengan mudah.

"Akan datang akan dibangun juga terminal curah cair (CPO), karena dari sini potensi juga untuk diekspor ya beberapa komoditas," katanya.

(dni)

GRATIS! Uji kesiapanmu menghadapi SBMPTN 2019 di Tryout SBMPTN Online 2019. Daftar dan login DI SINI

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini