nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Desain Pelabuhan Sibolga Terbaik Se-Asia Pasifik

Arief Setyadi , Jurnalis · Senin 18 Maret 2019 11:45 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 03 18 470 2031480 desain-pelabuhan-sibolga-terbaik-se-asia-pasifik-Zdnz9alMMR.jpg Pelabuhan Sibolga (Foto: Okezone)

SIBOLGA - Pelabuhan Sibolga, Sumatera Utara diresmikan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Desain penataan dan pengembangan pelabuhan tersebut ternyata menjadi yang terbaik se-Asia Pasifik.

"Saya dibisiki Pak Dirut Pelindo katanya desain pelabuhan di Sibolga ini menang di sebagai pelabuhan terbaik di Asia Pasifik," ujarnya saat meresmikan Pelabuhan Sibolga, Minggu 17 Maret 2019.

Penataan dan pengembangan pelabuhan ini dilakukan sejak mulai 2016. Kini, Pelabuhan Sibolga diyakini akan menjadi penggerak ekonomi di pesisir barat Sumatera.

Baca Juga: Pelabuhan Sibolga Jadi Pelabuhan Ekspor Sawit

Terminal penumpang di Pelabuhan Sibolga memiliki luas 2.786 m2. Adapun kapasitasnya sekira 500 orang, jauh meningkat dari sebelumnya yang hanya mampu menampung 80 orang.

Sedangkan Dermaga Multipurpose memiliki panjang 153 m dengan lebar 33,5 m. Panjang tambatan 250 meter.

Untuk Dermaga Ferry, panjang tambatan 198 meter. Ditambah dengan fixed crane kapasitas 40 ton.

Kapasitas kontainer yard-nya meningkat drastis, sekarang mencapai 20 ribu TEUs per tahun. Dulu, ukuran kapal hanya bisa 2 ribu GT, tapi sekarang bisa sampai 6 ribu GT.

Desain dari pelabuhan tersebut sekilas akan terlihat seperti bandar udara (bandara). Dilengkapi skybridge untuk menyambungkan penumpang langsung ke dermaga.

Di bagian dalam terdapat ruang tunggu yang terbilang cukup luas dari sebelumnya, ada ruang imigrasi, karantina, VIP dan lainnya. Di bagian paling atas, ada rooftop, dan dialasi dengan rumput sintetik.

Baca Juga: Presiden Jokowi Resmikan Pelabuhan Sibolga

Dari rooftop bisa melihat pemandangan ke dermaga maupun lautan. Akan semakin menarik bila di pagi maupun sore hari pemandangannya.

Desain Pelabuhan Sibolga diakui Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, sengaja dibuat seperti itu untuk daya tarik. Sehingga Pelabuhan Sibolga bukan sekadar pelabuhan, namun bisa menjadi daya tarik wisata.

"Jadi kaya lifestyle. Jadi, orang kalau ke Sibolga mesti ke pelabuhan ini karena tempatnya indah," ujar Menhub yang juga menghadiri peresmian.

Untuk memanjakan penumpang maupun masyarakat yang ingin melihat Pelabuhan Sibolga, kata Menhub, ke depan dilengkapi tempat tempat kuliner, dan ia meyakini akan semakin membuat orang betah di Pelabuhan Sibolga.

"Orang pasti datang ke sini. Jadi, ada tambahan satu destinasi wisata yang bagus," katanya.

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini