Rapat Neraca Dagang, Wamen ESDM: Minyak Mentah Tak Lagi Diekspor

Taufik Fajar, Jurnalis · Rabu 20 Maret 2019 19:19 WIB
https: img.okezone.com content 2019 03 20 320 2032746 rapat-neraca-dagang-wamen-esdm-minyak-mentah-tak-lagi-diekspor-bakC0Oi2z1.jpg Foto: Wamen ESDM Arcandra Tahar (Okezone)

JAKARTA - Menteri Koordinator Perekonomian Darmin Nasution hari ini menggelar rapat koordinasi terkait neraca perdagangan di Kemenko Perekonomian Jakarta. Pada rapat tersebut hadir Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Arcandra Tahar dan beberapa pihak terkait lainnya.

Wakil Menteri ESDM Arcandra Tahar mengatakan, rapat kali ini membicarakan tentang usaha-usaha pemerintah untuk memperbaiki neraca perdagangan.

 Baca Juga: Neraca Perdagangan Surplus, Menko Luhut: Tapi Migas Masih Defisit

"Seperti adanya B20 itu, kita update tadi berapa impact dari B20 tersebut. Lalu, impact dari entitlement kontraktor asing yang sudah berkontrak ke Pertamina untuk dibeli crude-nya. Tidak lagi diekspor tapi dijual Pertamina," ujarnya, Kamis (20/3/2019).

Dia menjelaskan, pembahasan tadi juga terkait impact Marine Fuel Oil (MFO). Di mana selama ini MFO dari beberapa kontraktor itu di impor sekarang cukup dipenuhi oleh hasil pengilangan pertamina.

"Ada sebagian itu impor, sekarang langsung bisnis to bisnis dari MFO nya Pertamina," ungkap dia.

 Baca Juga: Defisit 4 Bulan, Neraca Perdagangan RI Akhirnya Surplus

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini