nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Go-Jek Sumbang Rp44,2 Triliun ke Ekonomi RI

Feby Novalius, Jurnalis · Kamis 21 Maret 2019 20:48 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 03 21 320 2033292 go-jek-sumbang-rp44-2-triliun-ke-ekonomi-ri-SkAvOr2beF.jpg Go-Jek (Foto: Okezone)

JAKARTA - Lembaga Demografi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (LD FEB UI memaparkan hasil riset terbarunya yang bertajuk “Dampak Go-Jek terhadap Perekonomian Indonesia pada 2018.” Hasil riset LD FEB UI ini menemukan bahwa kontribusi mitra Go-Jek dari empat layanan (layanan roda-dua Go-Ride, roda-empat Go-Car, Go-Food, dan Go-Life) kepada perekonomian Indonesia mencapai Rp44,2 triliun.

Studi yang serupa pada 2017 menunjukkan kontribusi Go-Jek dari dua mitra (mitra pengemudi roda dua dan UMKM) mencapai Rp15,1 triliun.

Wakil Kepala LD FEB UI, Dr. Paksi C.K. Walandouw menjelaskan, kontribusi yang semakin besar dari Go-Jek menunjukkan bahwa teknologi mampu mempercepat pertumbuhan ekonomi digital.

“Go-Jek sebagai pemain utama industri teknologi di Indonesia telah menunjukkan kemampuan inovasi teknologinya untuk memperluas peluang penghasilan,” ujarnya, dalam keterangan tertulisnya, Jakarta, Kamis (21/3/2019).

Baca Juga: Sandang Status Unicorn, Filipina Kembali Tolak Go-Jek

Angka kontribusi mitra Go-Jek terhadap perekonomian Indonesia di tahun 2018

• Mitra pengemudi Go-Ride menyumbang Rp16,5 triliun

• Mitra pengemudi Go-Car berkontribusi Rp8,5 triliun

• Mitra UMKM Go-Food kontribusinya Rp18 triliun

• Mitra Go-Life (Go-Clean dan Go-Massage) kontribusinya Rp1,2 triliun

“Kontribusi mitra UMKM Go-Food tahun 2018 naik hampir tiga kali lipat dibanding tahun 2017. Pertumbuhan kontribusi mitra UMKM Go-Food ini antara lain disebabkan oleh optimalisasi fitur teknologi Go-Jek yang digunakan oleh mitra UMKM Go-Food,” kata Paksi.

Baca Juga: Pakai Cara Ini, Go-Jek Berantas Sindikat Order Fiktif dan GPS "Tuyul"

Rata-rata penghasilan pengemudi dan mitra Go-Lide dalam penelitian ini di atas rata-rata UMK di wilayah penelitian.

Hasil riset tahun ini juga menunjukkan tingkat optimisme yang tinggi terhadap kemitraan bersama Go-Jek. Hal ini tampak dari tingginya responden yang merasa yakin dapat menghidupi keluarga mereka dengan layak semenjak bergabung sebagai mitra (Go-Ride 87%, Go-Car 92%, dan Go-Life 95% ).

Riset ini juga menunjukkan bahwa tiga manfaat utama yang dirasakan sebagai mitra pengemudi di Go-Jek adalah; bisa mengatur waktu kerja, bisa membiayai keluarga, dan memiliki waktu lebih bersama keluarga.

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini