Sandang Status Unicorn, Filipina Kembali Tolak Go-Jek

Selasa 19 Maret 2019 16:46 WIB
https: img.okezone.com content 2019 03 19 320 2032188 sandang-status-unicorn-filipina-kembali-tolak-go-jek-ZH8SIpQAb6.jpg Go-Jek Ilustrasi (Foto: Okezone)

MANILA - Filipina hari ini kembali menolak permohonan perusahaan layanan transportasi berbasis aplikasi Indonesia, Go-Jek, untuk mendapatkan lisensi beroperasi di negara tersebut.

Filipina menolak memberikan lisensi karena Go-jek dinilai masih belum memenuhi kriteria kepemilikan saham lokal. Keputusan ini dinilai menjadi pukulan besar terhadap rencana ekspansi unicorn asal Indonesia tersebut di Asia Tenggara.

Baca Juga: Google Suntik Go-Jek Rp14 Triliun, Asing Semakin Kuasai Startup Indonesia

Go-Jek, yang didukung Alphabet Inc Google dan Tencent Holdings Ltd, masuk ke Filipina menantang dominasi Grab sudah terlebih dulu mapan di sektor ride-hailing Filipina.

Perusahaan mengajukan izin untuk beroperasi di Manila pada Agustus lalu melalui anak perusahaan yang sepenuhnya dimiliki Velox, tetapi ditolak pada Januari lalu, setelah sektor ride-hailing ditambahkan ke dalam daftar industri di mana kepemilikan asing dibatasi hingga 40%.

Baca Juga: Perbanyak Unicorn, Ini Lembaga yang Cocok Kelola Dana Riset Abadi

"Mereka mengajukan mosi untuk dipertimbangkan kembali, tetapi gagal untuk memperbaiki persyaratan kepemilikan (lokal) Filipina," kata Kepala Badan Pengatur Waralaba dan Transportasi Darat (LTFRB) Martin Delgra seperti dikutip Reuters, Selasa (19/3/2019).

Reuters menyebut juru bicara Go-Jek menyatakan bahwa perusahaan kecewa dan saat ini akan mengeksplorasi opsi-opsi yang tersedia bagi perusahaan.

Beberapa perusahaan ride-hailing yang berasal dari Filipina telah mulai beroperasi di Manila dan di provinsi-provinsi besar lainnya selama dua tahun terakhir. Namun demikian, perusahaan-perusahaan lokal itu dinilai memiliki keberhasilan yang terbatas dalam mengikis pangsa pasar domestik Grab, yang mencapai lebih dari 90%.

(Mohammad Faizal-Sindonews)

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini