nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Diskon Tol Trans Jawa Akan Diperpanjang hingga Mudik Lebaran

Giri Hartomo, Jurnalis · Senin 25 Maret 2019 19:13 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 03 25 320 2034787 diskon-tol-trans-jawa-akan-diperpanjang-hingga-mudik-lebaran-yL8SS8Mkzq.jpg Ilustrasi Jalan Tol (Foto: Okezone)

JAKARTA - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) membuka peluang untuk memberikan perpanjangan masa diskon tarif tol pada tiga cluster Tol Trans Jawa yakni Cluster II, III dan IV (barrier to barrier). Ketiga cluster yang dimaksud meliputi Relokasi Porong-Gempol segmen Porong-Kejapanan pada Jalan Tol Surabaya-Gempol.

Kemudian ada Jalan Tol Ngawi-Kertosono Segmen Wilangan-Kertosono. Lalu cluster terakhir yakni Jalan Tol Gempol-Pasuruan segmen Pasuruan-Grati.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, pemberian perpanjangan diskon tarif tol ini akan berlangsung hingga dua bulan. Artinya pada masa libur mudik Lebaran tahun ini, tiga cluster tol Trans Jawa tersebut masih akan di diskon.

Baca Juga: Fakta-Fakta Tol Trans Jawa, dari Bus Trans Java hingga Diskon Tarif

Diskon tarif tol sendiri juga akan tetap di lanjutkan hingga pembahasan mengenai rasionalisasi tarif seluruh Tol Trans Jawa ini bisa rampung. Setelah rampung barulah tarif yang akan digunakan adalah tarif baru tersebut.

"Belum, masih diskon dulu sekarang. Dua bulan atau berapa ya," ujarnya saat ditemui di Gedung DPR Jakarta, Senin (25/3/2019).

Menurut Basuki, ada beberapa hal yang menyebabkan pembahasan mengenai tarif tol ini berjalan lama. Salah satunya adalah karena banyaknya Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) yang mengoperasikan jalan Tol Trans Jawa.

"Banyak BUJT-nya pembangunan tidak dalam satu tahun yang sama jadi misal Jakarta-Cikampek (Japek) per kilometernya Rp200, Cikopo Palimanan (Cipali) Rp700 per km. Yang baru Rp1.500 per km kemudian yang Rp1100. Ini yang harus dihitung. Investasi berbeda beda sehingga hitungan per km berbeda," jelasnya.

Baca Juga: Perpanjangan Diskon Tarif Tol Trans Jawa Tunggu Laporan Jasa Marga

Namun Basuki memberikan sedikit bocoran terkait pengenaan tarif Tol Trans Jawa tersebut. Nantinya, pemerintah membuka peluang untuk menggunakan subsidi silang.

"Lagi dibicarakan (akan ada subsidi silang)," ucapnya.

(fbn)

GRATIS! Uji kesiapanmu menghadapi SBMPTN 2019 di Tryout SBMPTN Online 2019. Daftar dan login DI SINI

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini