nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sistem Pemerintahan Online Bikin Negara Hemat Rp4 Triliun

Giri Hartomo, Jurnalis · Kamis 28 Maret 2019 14:41 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 03 28 320 2036143 sistem-pemerintahan-online-bikin-negara-hemat-rp4-triliun-QOSco1IfA5.jpg Foto: Menpan-RB Syafruddin (Dokumentasi Humas Kemenpan-RB)

JAKARTA - Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenpanRB) mendorong penggunaan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE). Hal tersebut ditandai dengan peluncuran SPBE yang dilakukan pada hari ini oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK)

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Syafruddin mengatakan, penggunaan SPBE ini bisa menghemat anggaran. Tak tanggung-tanggung sebesar Rp4 triliun yang bisa dihemat oleh pemerintah jika menggunakan SPBE ini.

Menurut Syafruddin, uang sebesar itu bisa dimanfaatkan untuk sesuatu yang lebih berguna. Seperti untuk pembangunan infrastruktur atau peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM).

"Efisiensi keuangan yang sangat besar. Sekarang sudah dibangun elektronik tapi tidak bersambung. Diperkirakan efisiensi kan uang hampir Rp4 triliun. Jadi bisa dikasih ke yang lain," ujarnya saat ditemui di Jakarta, Kamis (28/3/2019).

 Baca Juga: Wapres JK Yakin Sistem Pemerintahan Online Kurangi Korupsi

Syafruddin menambahkan, penggunaan SPBE merupakan momentum menuju pemerintahan yang lebih baik. Sekaligus juga sebagai implementasi revolusi industri 4.0 di pemerintahan.

"Kami ingin menggunakan momentum ini sekaligus sosialisasi dan penyamaan pandangan hari ini akan menjadi momentum penting transformasi pemerintahan berbasis elektronik," katanya.

Oleh karena itu dirinya sangat mengharapkan jika seluruh instansi menjalankan sistem tersebut. Karena selama ini, pemerintah daerah masih banyak dikeluhkan khususnya dalam bidang perizinan oleh para pengusaha.

 Baca Juga: Terapkan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik, Wapres JK: Biaya Rapat Berkurang

Dirinya berharap dengan implementasi SPBE di seluruh instansi bisa menghadirkan pemerintahan yang bersih dan efektif. Di sisi lain, masyarakat juga bisa terlayani dengan baik dan cepat.

"Semua harus mendukung SPBE dari kebijakan, tata kelola dan pelayan. Dalam beberapa tahun ke depan sebagaimana Bappenas akan dikembangkan secara terpadu mengelola tata pemerintah efektif dan pelayanan publik yang modern dari pusat ke daerah," katanya.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini