nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

MRT Jakarta Bakal 'Suntik' Penjualan Properti

Taufik Fajar, Jurnalis · Selasa 02 April 2019 17:21 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 04 02 470 2038325 mrt-jakarta-bakal-suntik-penjualan-properti-AjzEN7j98K.jpg Foto: MRT Jakarta (Okezone)

JAKARTA - MRT Jakarta resmi beroperasi komersial mulai Senin 1 April 2019. Kehadirannya tersebut memberi angin segar bagi pasar properti.

Senior Associate Director Colliers International Ferry Salanto mengatakan, MRT akan memberikan dampak pada sektor properti. Namun, saat ini memang belum terlihat.

"Pada saat market lesu kita belum melihat signifikan dari sisi penjualan antara apartemen-apartemen sekitar MRT dan di luarnya. Dalam kondisi, market masih slow. Tapi potensi untuk naik itu mulai akan terlihat terutama dari pada saat kita melakukan pembicaraan dengan beberapa developer yang proyeknya di sekitar MRT," ujarnya di Jakarta, Selasa (2/4/2019).

 Baca Juga: Usai Jakarta, MRT Tangsel Segera Terwujud

Menurut pengakuan developer, masyarakat kini minat membeli apartemen tapi masih menunda. Tapi, jika melihat proyek MRT di Bangkok, Thailand memberikan efek pada harga properti.

"Sekarang jawabnya sulit berapa kenaikannya. "Di lapangan belum terlihat impact-nya. Kita akan lihat pergerakan penggunaan MRT. Dan hitung potensinya," kata dia.

Sebelumnya, mulai 1 April 2019, angkutan Moda Raya Terpadu (MRT) Jakarta beroperasi secara komersial. Selama satu bulan awal, tarif komersial MRT Jakarta akan dipotong 50%.

 Baca Juga: MRT Beroperasi Komersil, Mesin Tiket Otomatis Jadi Kendala

Gubernur Provinsi DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan, tarif MRT Jakarta telah ditetapkan bersama oleh Pemprov DKI Jakarta dengan DPRD Provinsi DKI Jakarta. Hal itu juga tertuang dalam Pergub Nomor 34 Tahun 2019 tentang Tarif Angkutan Perkeretaapian Mass Rapid Transit dan Kereta Api Ringan/Light Rail Transit.

"Mulai 1 April 2019, MRT Jakarta akan mulai beroperasi secara komersial," ujar Anies.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini